Minggu, 31 Juli 2022

Malaikat sangat banyak

An-Nazi'at Ayat 4
Berlombanya para malaikat dalam menjalankan perintah ALLAH.
Buah beriman kepada malaikat:
1. Berilmu tentang kebesaran ALLAH 
2. Bersyukur atas perhatian ALLAH kepada hambanya
3. Mencintai malaikat.
Dan malaikat adalah makhluk ghaib yg lebih ghaib dari jin. Manusia kadang masih bisa merasakan keberadaan jin sedangkan malaikat tidak bisa sama sekali. Dan keduanya tidak dapat dilihat wujud aslinya kecuali atas izin Allah.

Ayat 5
Dan malaikat malaikat yg mengurus urusan dunia.
Jumlah nya sangat banyak dan mereka senantiasa patuh dan tidak pernah bermaksiat kepada Allah.
Kita meyakini adanya malaikat2 yg mengatur urusan2 (menjaga gunung/laut, membagi rizki, mengatur hujan,mencabut nyawa dll). Tetapi kita tidak diperbolehkan untuk meminta kepada para malaikat tersebut. Karena para malaikat hanyalah menjalankan perintah dari ALLAH secara sempurna. Barang siapa meminta/berdoa kepada malaikat maka ia telah berbuat syirik kepada Allah,karena meminta termasuk ibadah. Jika ingin meminta maka hendaknya meminta kepada Allah. Malaikat bisa mengatur urusan2 tetapi yg menentukan dan memerintahkan adalah Allah. Islam senantiasa mengajak kepada meng ESA kan ALLAH. Dan Ajaran agama islam selalu logis dan tidak pernah berlawanan dengan akal sehat.

Terlebih lagi meminta kepada yg tidak lebih mulia dari para malaikat. Sungguh tidak logis, orang2 yg meminta kepada orang yg telah meninggal. Seorang yg meninggal tidak mampu mengurus dirinya sendiri, bahkan di urus orang lain. Tetapi sungguh mengherankan yg masih hidup yg dulu mengurus jenazah malah meminta kepada orang yang telah meninggal tersebut. Dalam hadits disebutkan seorang yg meninggal terputus darinya semua amal kecuali 3: sedekah jariyah, ilmu yg bermanfaat dan anak sholeh yg mendoakan orang tuanya.

Ayat 6
﴿يَومَ تَرجُفُ الرّاجِفَةُ﴾ [An-Nāzi‘āt: 6]
6. Pada hari ketika bumi bergoncang karena tiupan pertama.
- Indonesian Commentary

Sebuah bukti kelemahan manusia dan seluruh makhluk, hanya dengan tiupan semua yg ada di langit dan di bumi hancur.

Catatan kajian
Tafsir Juz 30
Ustadz Taufiq Badri lc Hafidzahullah 
Masjid al Muhtadin 
Banjarejo Kota Madiun
@catatankajianabuhasan

Sabtu, 16 Juli 2022

kesyirikan kecil dalam niat dan tujuan

● Termasuk kesyirikan kecil adalah salah niat, yakni untuk tujuan dunia.

Seorang yg beramal untuk dunia saja, maka allah akan memberikan balasan dunia saja. Dan di akhirat tidak dapat apa-apa.

Kesyirikan kecil akan menghapus pahala amal yang bersangkutan. Dan kesyirikan besar akan menghapus semua amal.

Contoh kesyirikan kecil diantaranya adalah riya'/ingin dilihat juga sum'ah/ingin didengar.

Seorang yg hanya menginginkan dunia adalah orang yg tergesa-gesa. Karena ada yg kenal dan lebih baik.

Ikhlas artinya murni, membebaskan diri dari kesyirikan.

Seseorang yg berniat menginginkan dunia, allah akan membalas penuh dan tidak akan di kurangi sedikitpun, tetapi di akhirat tidak dapat apa-apa.

Niat yang benar adalah mengharap pahala dan balasan allah baik didunia maupun akhirat. Dalam beramal seorang hendaklah tetap berharap surga dan takut akan neraka, ini adalah balasan atas keikhlasan amal untuk allah.
Niat adalah tentang kejujuran hati, bukan hanya ucapan lisan.

Catatan kajian
Panduan membenahi akidah syaikh sholeh al fauzan
Ustadz Taufiq badri lc
Masjid syamsul huda 
Mojorejo kota madiun 

Sabtu, 09 Juli 2022

Contoh contoh kekafiran

Contoh contoh kekafiran
1. Munafik
Contoh contoh munafik:
A. Riya murni, hampir2 tidak mungkin muncul pada orang yg masih memiliki iman. Dalam shalat dan puasa hal ini jarang, Tapi sering muncul pada sedekah, juga haji.

Amal syirik bukan hanya tidak diterima oleh allah, tetapi juga akan mendapatkan siksa dari allah.

B. Amal yg ditujukan kepada allah tetapi juga di boncengi untuk selain allah.
Maka dirinci:
1. Jika diboncengi dari awal maka amalnya bathil/batal.
2. Jika diawal ikhlas kemudian ditengah muncul bisikan riya.
● Jika dilawan maka amalnya sah.
● Jika dibiarkan/dinikmati maka amalnya batal.

Minggu, 03 Juli 2022

SYIRIK-SYIRIK KECIL

1. Bersumpah dengan nama selain allah .

2. Ucapan yang terkesan menyamakan makhluk dengan allah. Dan akan menjadi syirik besar ketika diikuti keyakinan.
Termasuk dalam penempatan hiasan dinding dan lainnya menyetarakan nama allah dan muhammad, maka ini bisa masuk ke syirik kecil.

Termasuk dalam masalah kehendak, tidak boleh menyandingkan kehendak allah setara dengan kehendak allah, tetapi atas kehendak allah kemudian kehendak fulan.

Hidup manusia atas kasih sayang allah

Hidup manusia atas kasih sayang dan pertolongan allah. Dan setelah kematian adalah karena rahmat allah.

Dan hendaklah orientasi terbesar seseorang adalah akhirat yg tidak melupakan dunianya. Bukan terbalik.

Pengakuan seseorang akan dosa2nya, allah senang terhadap hal tersebut. Dan allah maha pengampunan lagi maha penyayang.

Pengakuan terhadap kekuasaan allah, kemudian berlindung akan keburukan diri sendiri dan dari keburukan syaitan dan dari kesyirikan 

Kamis, 30 Juni 2022

NAMA-NAMA ALLAH YANG TIDAK BOLEH DIPAKAI HAMBA

1. Allah mempunyai nama-nama dan sifat-sifat yg sempurna, sesuai dengan kesempurnaan Nya. Karena setiap yg ada pasti mempunyai sifat.

2. Penetapan nama-nama dan sifat-sifat allah adalah tauqifiah atau harus berdasarkan dalil.

3. Semua nama nama allah menunjukan Dzat dan sifat. Setiap nama mengandung sifat.

4. Semua nama allah adalah baik, dan puncak kebaikan/sempurna.
Maka harus dipahami dengan pemahaman yg allah inginkan atau rasulnya inginkan.

5. Nama allah ada yg boleh dipakai oleh hambanya dan ada yg tidak bolah dipakai oleh hambanya. (Al Utsaimin)
Nama yg tidak boleh dipakai oleh hamba:
A. Rabb/Rabby
B. Rahman
C. Kholik
D. Allah
E. Razzaq 
F. Assalam 
G. Al Muhaimin
H. Al Jabbar 
I. Mutakabir 
J. Baari 
K. Hakam 
L. Qudus 
M. Malikul mulk
Dan selain dari nama-nama ini boleh digunakan untuk nama hamba.

6. Disunnahkan menambahi nama abdun pada nama allah untuk memberi nama hamba.

7. Larangan ilhat/menyimpang dalam menentukan nama allah.
Ada 4 penyimpangan diantaranya:
A. Mengingkari kandungan sifat pada nama allah.
B. Menyamakan kandungan sifat pada nama allah sama dengan makhluk.
C. Memberi nama allah dengan nama yg tidak layak bagi allah.
D. Memberi nama sesembahan selain allah dengan nama allah.

Catatan kajian ustadz Rahmat Pujianto hafidzahullah 
Golongan yang selamat
Masjid syamsul huda 
Mojorejo kota madiun 
Abu Abdurahman Al Marsi

Selasa, 28 Juni 2022

DIANTARA TANDA KIAMAT

Diantara tanda kiamat
√ BANYAKNYA SYUKH, kebakhilan yg amat pada manusia.

Ada kabar gembira bagi orang yg selamat dari sifat syukh, yakni pada surat at taghabun.

Dan sahabat abdurrahman bin auf banyak berlindung dari sifat syuhk ini.

Dan sifat syukh ini telah menghancurkan umat umat terdahulu.

√BANYAKNYA PERNIAGAAN DI TENGAH MANUSIA
Banyaknya wanita yg ikut/bercampur berjual beli dengan para laki laki.
Dan ini telah terjadi, dan banyak manusia yg terfitnah dengannya.

√ BANYAKNYA GEMPA
Tidak akan terjadi kiamat sampai banyaknya terjadi gempa bumi. Dalam sahih Bukhari
Banyaknya kematian yg dahsyat dan setelah itu banyaknya gempa. Dalam musnad ahmad.

√ MENINGGALNYA ORANG ORANG SHOLEH
Wafatnya orang orang sholeh, sedikitnya orang baik dan banyaknya orang orang buruk.
Allah mencabut ilmu dari manusia sedikit demi sedikit yakni dengan wafatnya para ulama.
Yang tersisa adalah orang orang yg tidak mengenal kebaikan dan tidak mengingkari keburukan.

√ DIANGKATNYA/DIMULIAKANNYA ORANG ORANG RENDAHAN
Dari manusia manusia yg baik, sehingga urusan urusan manusia dipegang oleh mereka.
Akan datang tahun2 muslihat, orang yg dusta dipercaya, dan uang jujur dituduh berdusta dst. Sebagaimana dalam riwayat Ahmad

Catatan kajian ustadz Rahmat Pujianto Hafidzahullah
Penjelasan Rukun Iman
Masjid Al Muhtadin 
Banjarejo Kota Madiun
Abu Abdurahman Al Marsi

Senin, 27 Juni 2022

IBADAH TIDAK MENGHALANGI URUSAN DUNIA

Ambil amal itu sesuai kemampuan.

Ibadah tidak menghalangi akan urusan dunia.
Bahkan ibadah akan mensukseskan urusan dunia.
Bahkan dengan ibadah maka akan tertunaikan semua hak. Yakni hak allah, hak diri sendiri, hak keluarga, dan hak2 orang lain.
Sebagaimana kisah salman al farisi dan abu darda, abu darda yg tidak menunaikan hak badan dan hak istri, hingga salman menegurnya.
Karena allah punya hak untuk ditunaikan, keluarga punya hak untuk ditunaikan, dan badan/diri sendiri punya hak untuk ditunaikan.
Beribadah bukan berarti meninggalkan hak2 yg harus ditunaikan.

Sedangkan orang yg memberat2kan diri dalam beribadah, maka ia justru akan keluar dari sunnah nabi muhammad shallallahu'alayhiwasallam.
Kapan ibadah menjadi berat, yakni saat ibadah itu keluar dari apa yg di contohkan atau diajarkan oleh rasulullah shallallahu 'alayhiwasallam.

Maka ketika ibadah menjadi berat, disinilah justru ibadah itu menjadi kalah dan kemudian ditinggalkan.

Barang siapa mengerjakan agama ini dengan keras/berlebihan tanpa sikap pertengahan maka ia akan kalah dan mundur teratur. Dengan sikap pertengahan ini, seorang akan sampai.

Catatan kajian ustadz taufiq badri lc
Masjid syamsul huda 
Mojorejo kota madiun
@abuabdurrahman al marsi 

Sabtu, 04 Juni 2022

Turunnya hujan karena bintang

Termasuk kesyirikan besar adalah meyakini dan menyandarkan akan datangnya hujan pada bintang-bintang, dan melupakan bahwa itu semua adalah dari allah. Dan ini adalah kedustaan yg besar. Yakni mereka mengatakan hujan ini turun karena bintang ini dan itu.

Note:
Tingkatan dalam menafsirkan al quran :
1. Ayat dengan ayat, ini adalah tingkatan paling tinggi.
2. Ayat dengan hadits, ini tingkatan tinggi kedua.
3. Ayat dengan perkataan sahabat nabi, karena mereka paling faham.
4. Ayat yg dijelaskan kandungan bahasanya oleh ulama.

Maka jangan menganggap remeh perkataan, karena dari perkataan sesuatu yg dulunya haram menjadi halal dan sebaliknya, yg dulunya halal menjadi haram. Semua itu hanya dengan sebuah perkataan.

Segala pengaturan alam semesta, termasuk hujan, tidak hujan dan lainnnya hanya Allah sendiri yg mengaturnya tanpa campur tangan makhluk sedikit pun.

Catatan kajian ustadz M. Taufiq Lc hafidzahullah 
Kitab panduan membenahi akidah 
Masjid syamsul huda mojorejo kota madiun.

Jumat, 03 Juni 2022

Tanggung Jawab Seorang Suami

Semoga Allah senantiasa memberikan rahmat dan pertolongan Nya kepada kaum muslimin semuanya.

Sabtu, 14 Mei 2022

Tathoyyur atau Anggapan Siap

Anggapan sial/pesimis karena suatu yg tidak suka (ketemu ambulance/iringan jenazah/karena ada burung tertentu atau yg lainnya) sehingga mengurungkan niat dari apa yg sudah di azamkan/ditekadkan maka ini telah masuk pada penyakit tathoyyur, dan ini termasuk jalan ke syirikan yakni hatinya bergantung pada apa yg ia temui tadi. 

Dan disinilah tathoyyur memengaruhi keimanan dalam hati seseorang. Yang mana seharusnya seorang bertauhid dan bertawakal dan bersandar diri hanya kepada Alloh. 

Maka wajib bersikap sungguh² menolak perasaan/keyakinan yg condong pada persandaran/tawakal selain Alloh.
Tetap lanjutkan apa yg telah ditekadkan dan bertawakal dan berdoa kepada Alloh. Kebaikan dan keburukan adalah ketetapan Alloh.

Dan penyakit tathoyyur adalah penyakit yang sudah ada sejak dahulu. Bahkan kaum terdahulu menganggap kesialan adalah dari para nabi dan rasul dan orang-orang yg beriman mengikuti rasul.

Dan bahkan ini juga menimpa orang² yg bertauhid dimasa ini yg mereka tidak mengikuti tradisi² yg tidak sesuai syariat islam dan bahkan juga mendapat tuduhan, cibiran dan ancaman. Dan ini adalah resiko dari para pembela tauhid dari kalangan para rasul terdahulu dan pengikutnya terdahulu dan sekarang. 

Dan sungguh sebenarnya para nabi dan rasul lah sumber kebaikan dari Allah untuk menunjukan kebaikan seluruhnya kepada umat manusia.

Dan semua kejadian adalah kehendak Alloh, terjadinya kebaikan adalah karunia Alloh dan terjadinya keburukan adalah keadilan Alloh (karena dosa manusia).

Catatan kajian ustadz Taufiq Badri LC 
Panduan membenahi AQIDAH (keyakinan)
Masjid Syamsul Huda Mojorejo Kota Madiun 

jika telah sampai kabar kematianku

Sabtu, 16 April 2022

SIHIR

SIHIR 

Istihdam/khodam maksudnya meminta bantuan kepada setan².
Dan setiap permintaan bantuan kepada jin/setan harus dengan pendekatan yg mengandung syarat yg bertentangan dengan Al Qur'an dan sunnah. Mulai dari syirik dan bid'ah.
Dalam sihir juga mencampuri/mengklaim perkara gaib yg itu hanya diketahui oleh Alloh. Ini adalah kekafiran dan kesesatan.
Setiap sihir sejatinya adalah jual beli dunia dengan akhirat, tukang sihir/mempercayai sihir artinya telah menjual akhirat nya dengan dunia dan di akhirat tidak mendapat apa².

POINT 5, KAHINAH/PERDUKUNAN

Dukun bekerja sama dengan jin yg mencuri kabar langit (perbincangan malaikat langit) tentang suatu yg akan terjadi, terkadang utuh dan terkadang hanya sebagian kecil. Dan setiap 1 berita yg kebetulan benar akan di bumbui 100 kebohongan. Sebagiannya benar dan kebanyakannya adalah kebohongan. 
Perdukunan adalah ikut campur dengan perkara gaib yg hanya Alloh yg mengetahuinya. 
Beberapa penyamaran dukun di masa ini:

1. Tabib / dokter alternatif / terapis 
Ciri² pengobatan alternatif yg menyimpang 
1. Bertanya nama ibu kandung
2. Meminta menyembelih untuk selain Alloh 
3. Mengabarkan diri tahu hal² gaib atau barang² yg hilang.

2. Mengaku diri sebagai wali
Mempunyai karomah / kesaktian atau sejenisnya yang di luar dari kewajaran sebagai seorang manusia. Karena Nabi dan para sahabat tidak kebal, juga tidak bisa terbang dll.

Semua yg dilakukan dukun ini adalah untuk menguasai dunia/harta dan menyesatkan manusia. 
Maka hendaknya manusia berhati-hati dan menjauhkan diri dan hendaknya aparat menghukum para dukun. Agar manusia dapat beristirahat dari kerusakan yg disebabkan oleh mereka. 

Hukuman bagi penyihir/dukun adalah hukuman mati. 

Catatan kajian 
Panduan Membenahi Aqidah
Ustadz Taufiq Badri LC 
Masjid Syamsul Huda Mojorejo Kota Madiun 

Sabtu, 20 November 2021

Harta Yang Berkah

Harta legal bagi mukmin, yakni tidak menambah azab di hari kiamat. Harta legal bagi mukmin, yakni menambah kebaikan/amal shalih dengan hartanya. 

Sedangkan Harta apabila semakin banyak bagi orang kafir akan semakin menambah azab bagi pemiliknya di akhirat kelak. 

Berkah secara bahasa artinya langgeng atau banyak mendatangkan kebaikan.
Jika disimpulkan Harta yg Berkah berarti harta yg mendatangkan kebaikan dan bertahan lama.

Salah satu contoh dari hal berkah adalah sumur (Birkah dalam bahasa arab) Hal ini karena sumur ia banyak memberikan manfaat dan dalam jangka waktu yang lama, selain itu juga ia tidak terbuang(meluber) jika tidak diambil dan masih ada meskipun diambil. 

Harta yg berkah didapat dengan amal shalih. Diantara bentuk pemanfaatan harta agar berkah adalah dengan amal jariyah. Sebagian ulama mengartikan amal jariyah adalah wakaf, hal ini sangat berkah karena bisa menjadi umur ke 2 bagi seorang mukmin. Para sahabat Nabi sangat terbiasa dengan wakaf karena ini bisa bertahan lama sekalipun setelah meninggal. Karena itu ketika seorang punya harta agar semakin berkah adalah dengan barwakaf. Setiap ada peluang wakaf diusahakan untuk berpartisipasi semaksimal mungkin. 

Wakaf adalah suatu sedekah yg bertahan lama. Dalam hal ini (sedekah/wakaf/amal jariyah) ada yg bertahan lama dan ada yg tidak bertahan lama. Juga ada yg maksimal kemanfaatannya dan ada yg kurang bermanfaat. Maka yg paling baik adalah yg paling bermanfaat dan bertahan lama. Maka apabila hendak sedekah/donasi/wakaf hendaklah dimaksimalkan pada kemanfaatan dan ketahanan. 

Harta yg nganggur adalah tanda harta tidak berkah. Semakin banyak digunakan/dimanfaatkan harta semakin berkah.

Harta hanya bisa dinikmati dengan kemampuan fisik. Sedangkan fisik pasti akan melemah dan bagaimana akan menikmati harta? Maka solusi nya adalah memindahkan kenikmatan fisik kepada kenikmatan hati/batin. Yakni semakin tua semakin mendekatkan diri kepada Alloh.

Catatan kajian Safari Dakwah
Ustadz Ammi Nur Baits
Harta Berkah
Masjid Syamsul Huda Mojorejo Kota Madiun

Senin, 01 November 2021

Indikator Keimanan

Hadits 13
Seorang mukmin dengan mukmin yg lain, itu ibarat sebuah bangunan. Menguatkan sebagian terhadap sebagian yg lain(saling menguatkan). Dan beliau Shallallahu 'alayhi wasallam menggabungkan jari jemarinya.


Ini adalah indikator keimanan seseorang yakni saling menguatkan.
Jika masih saling melemahkan/menggembosi maka perlu introspeksi pada iman seseorang tersebut.

Dan ini adalah salah satu pokok keimanan. Dan sudah seharusnya orang² mukmin itu bersaudara bahkan itulah persaudaraan paling kuat yakni persaudaraan diatas keimanan. Saling menyayangi, mencintai dan saling berlemah lembut. Bahkan ia mencintai saudara itu sebagaimana ia mencintai dirinya sendiri, sebagaimana hadits Nabi Shallallahu 'alayhi wasallam. 

Dalam hadits lain disebutkan setiap orang punya bagian dari sifat hasad akan tetapi ada yg menahannya dan ada yg membiarkannya. Maka menahannya adalah ciri orang yg beriman. 

Sebagaimana cinta pada suami istri, yg harus di realisasikan atau di usahakan. Maka begitu juga dalam bersaudara mukmin maka harus diusahakan pula.

Diantara bentuk²nya ialah: 
Wajib menjaga kemaslahatan global daripada kemaslahatan individu.

Persaudaraan mukmin ibarat sebuah bangunan. Dimana terdiri dari pondasi, tembok, pintu atap dll. Maksudnya setiap mukmin mempunyai tugas masing² yg berbeda beda dan tidak selayaknya untuk saling iri. Karena dari iri ini runtuh persaudaraan. Dan masing² mendapatkan pahalanya sesuai perannya. Maka tugas pokoknya masing² adalah fokus dan ikhlas pada perannya. 

Selain saling menguatkan, setiap mukmin tetap waspada akan halangan dan hambatan. Dan dengan kebersamaan/persaudaraan akan dapat melewati semua halangan dan hambatan tersebut. Dengan mengesampingkan ego masing² untuk mencapai tujuan bersama. Dan setiap mukmin mempunyai kewajiban individu dan kewajiban global/bersama.

Kewajiban individu jatuh pada setiap mukmin mukallaf/terkena beban syariat. Yakni kewajiban fardhu ain dan fardhu kifayah(wajib bagi sebagian dengan bagian yg cukup).
Contoh tugas individu dan tugas bersama ialah menuntut ilmu dan yg lain berperang/Jihad. Dimana setelah Jihad, bagi yg telah menuntut ilmu memberikan ilmunya. Yakni masing² mempunyai seorang untuk fokus, baik ada yg fokus menuntut ilmu dan ada yg fokus berjihad/amar maksud nahi mungkar.
Jihad ada yg wajib ain yakni jihad difence atau pertahanan. 
Jihad ada yg wajib kifayah yakni Jihad offance/menyerang.
Contoh tugas individu sekaligus tugas bersama adalah berperang.

Catatan kajian ustadz Taufiq Badri LC Hafidzahullah 
Perbaikan hati 
Masjid Syamsul Huda Mojorejo Kota Madiun 

Senin, 11 Oktober 2021

PERKARA AGAMA DAN DUNIA

Bersemangat dalam perkara yg bermanfaat baik perkara dunia dan perkara akhirat. 

2 perkara ini tidak cukup dengan semangat melainkan harus dengan meminta pertolongan Alloh.

Bersemangat dalam beramal yang bermanfaat baik untuk perkara dunia terlebih untuk perkara akhirat. Karena kemalasan adalah kerugian yang nyata.

Sedangkan bersemangat dalam perkara kebathilan hanya akan merugikan dan kehancuran. 

Maka bersemangatlah dengan bimbingan syariat, baik perkara dunia terlebih perkara akhirat.

Kemudian kesemangatan dalam amalnya yg bermanfaat itu harus dikembalikan kepada Alloh secara sempurna, bukan bersandar pada diri sendiri.

Tawakal adalah bersandarnya hati kepada Alloh dengan tetap mengambil sebab, dan bukan hanya secara lisan.

Maka dengan bersemangat dalam perkara² yg bermanfaat, serta meminta pertolongan Alloh dan berserah/bertawakal kepada Alloh akan mudah segala urusan. Dengan ini pula seorang akan yakin akan pertolongan Alloh, maka akan sempurna perkara dunia dan akhirat seorang hamba.

Akan tetapi seorang harus mengetahui perkara² apa saja yg harus di ketahui oleh seorang mukmin yakni:
1. Perkara agama
Yakni ilmu yg bermanfaat dan amal yg sholih. 
ILMU YANG BERMANFAAT 
Maksudnya ialah ilmu yg mensucikan hati dan ruh.

Seberapa besar dampak kajian/belajar yg sudah di tempuh selama ini, apakah hati dan ruh menjadi lebih baik atau sebaliknya? 
Karena ada kalanya ilmu itu menumbuhkan kesewenang-wenangan sebagaimana harta, ketika seorang yg telah kaya kadang berbuat sewenang². Hati yg semakin mengeras setelah menuntut ilmu adalah indikasi akan ilmu yg tidak bermanfaat. Indikator lainnya adalah hidup lebih qonaah setelah menuntut ilmu.

Kemudian ilmu yg bermanfaat adalah apa yg datang dari Alloh dan RosulNya, dari perkara aqidah, fiqih, al quran, tafsir dan sebagainya. 
Juga ilmu alat seperti ilmu bahasa arab dll.

Dan semua itu adalah disesuaikan dengan kondisi (yg sudah menikah dan yg belum).
Apabila sudah menikah maka harus adil dirumah dan di luar rumah. Apabila belum menikah hendaknya dimaksimalkan dalam belajar. 

Sebagai pondasi hendaknya membuat ringkasan² materi yg telah di pelajari dan dihafalkan atau jika kesulitan bisa dibaca diulang² kemudian di dalami/ditadabburi. Kemudian beranjak pada kitab/pembahasan yg lebih luas.

Karena seorang yg telah menghafalkan dasar² ilmu agama maka akan mudah memahaminya. 

Sedangkan seorang mencari ilmu yg tidak bermanfaat hanya akan menghabiskan waktu dan hanya akan melelahkan fisik.

Apabila telah mengerti prioritas ilmu yg perlu dipelajari dan memperoleh guru yg tepat maka telah sempurna.

Catatan kajian ustadz Taufiq Badri LC Hafidzahullah 
Panduan memperbaiki hati
Masjid Syamsul Huda Mojorejo Kota Madiun 

Sabtu, 09 Oktober 2021

Berlebihan dalam memuliakan orang-orang sholih.

Celah/pintu yg dapat mengantarkan pada kesyirikan.

Point 9
Berlebihan dalam memuliakan orang-orang sholih. 

Memuliakan orang sholih adalah wajib. Sebagaimana berbakti kepada orang tua yg menjadi sebab keberadaan kita di dunia, dan selayaknya memuliakan ulama karena menjadi sebab kita masuk surga dengan arahan/pengajaran ulama.

Sebagaimana Point 8, bahwa memuliakan Nabi secara berlebihan adalah tidak boleh maka di Point 9 terlebih yg selain Nabi. Dengan tidak memberikan sifat ketuhanan kepada orang sholih (meminta/ berdoa/memuji dengan memberikan sifat² yg seharusnya hanya di tujukan kepada Alloh).
Terlebih(meminta pertolongan) pada ulama yg telah wafat. Adapun kepada ulama yg masih hidup maka masih bisa meminta pertolongan sebatas kemampuan yg dimampuinya sebagai manusia. 

Sifat berlebihan pada pengagungan orang² sholih ini telah terjadi pada kaum nabi Nuh Sebagaimana tertera dalam Al Qur'an surah Nuh. Sedangkan fitnah di hari² kita ini adalah ulangan dari hari² umat terdahulu. Tinggal kita mengikuti bimbingan syariat dan melawan nafsu kita agar selamat. 

Hal ini terlihat pada para pengagung kuburan, yg berlebihan dalam memuliakan kubur orang² sholih. Syaithon telah menghiasi nya sehingga seolah indah/baik di mata manusia. Awalnya berdoa kepada Alloh dikuburan, kemudian meminta tolong kepada penghuni kubur(menjadikan wasilah/perantara),dan puncaknya adalah meminta/berdoa kepada penghuni kubur, beribadah kepada kuburan. Maka jadilah kuburan² itu menjadi berhala² yg disembah selain Alloh.

Syaithon benar² telah menghiasi para pengkultus kuburan, bahwa sikap² ini adalah bentuk pemuliaan kepada orang² sholih dan bagian dari agama. Sedangkan orang² yg mengingatkan akan hal ini Syaithon(dan orang² yg terfitnah Syaithon) hiasi seolah itu adalah keburukan,  tidak menghormati ulama, tidak mencintai ulama.  Padahal ini adalah kedustaan yg nyata. Cara memuliakan ulama yg benar adalah mengamalkan Al Qur'an dan As Sunnah sebagaimana yg ulama² telah jelaskan(mengamalkan ilmu mereka), sehingga amal yg kita kerjakan pahalanya otomatis mereka juga mendapatkan nya.

Pengkultus kuburan seperti dimasa ini telah terjadi pula pada kaum quroisy, dimana mereka menyembah berhala² dan ketika islam datang mengingatkan akan kesyirikan mereka, mereka mengelak dengan mengatakan bahwa mereka tidak menyembah/berdoa/meminta kepada kuburan melainkan hanya sebagai wasilah agar mereka mendekatkan pada Alloh sedekat dekatnya. Dan ini adalah subhat(kerancuan) dan kebatilan. Sebagaimana tercantum pada Al Qur'an. 

Catatan kajian ustadz Taufiq Badri LC Hafidzahullah 
Masjid Syamsul Huda Mojorejo kota madiun 

Rabu, 06 Oktober 2021

KETIKA SEORANG GURU TERGELINCIR PADA KESALAHAN

Ketika guru terjatuh pada kesalahan

Maka hendaknya di ingatkan agar supaya tidak membahayakan diri sendiri (sang guru) dan juga murid²nya.

Namun bagaimana cara yg tepat untuk memberikan nasihat tersebut? Yakni dengan penuh hikmah dan adab. 
Bisa saat itu juga terlebih pada saat pelajaran sedang yg hadir adalah banyak dan direkam maka harus segera diluruskan khawatir jika ditunda kesalahan tersebut keburu tersebar di kalangan kaum muslimin. 

Atau apabila dalam forum pelajaran yg tidak besar maka bisa bisa ditunda, dengan mencari waktu dan tempat yg tepat. Serta penyusunan kata yg benar² halus dan penuh adab.

Dengan demikian meluruskan kesalahan adalah sebuah kewajiban.
Dan islam adalah agama yg pertengahan. Dimana wajib bagi kaum muslimin menuntut ilmu tetapi tidak boleh taklid buta. Yakni kita wajib menuntut ilmu dari guru dan tidak boleh membiarkan kesalahan pada guru. Kita tidak boleh menjadi syaithon bisu, yakni diam ketika melihat kesalahan, apalagi menjadi syaithon yg bisa bicara yakni menyeru pada keburukan. 

Dan tidak boleh seorang penuntut ilmu memberatkan guru, misalnya bertanya untuk mendebat/menguji. 
Dan ketika seorang penuntut ilmu hendak pindah majelis ilmu hendaknya ia minta izin kepada gurunya terlebih dahulu, hal ini untuk lebih menjaga kehormatan dirinya dan gurunya. Dan juga lebih menjaga hati dan cinta sang guru kepada kita.

Faedah yang lainnya adalah bisa jadi guru kita lebih mengetahui keadaan guru yg akan kita ambil ilmunya lebih dalam dari pengetahuan kita. Karena banyak pemuda yg tertipu dari penyampaian menawan sedang ia tidak tahu sisi yg lainnya. 

Oleh karena itu banyak faedah dari meminta ijin kepada guru. Diantaranya yg telah disebutkan, juga agar sang guru tidak suudzon kepada murid. 

Tetapi juga perlu diperhatikan akan adab ini, seorang murid tidak boleh berlebihan dalam memuliakan seorang guru, dengan terlalu/ terlewat batas dalam merendahkan diri. Seperti menjilat tangan, berebut air minum bekas guru, menunduk sampai rukuk maka ini tidak boleh karena rukuk termasuk ibadah yg hanya boleh diberikan kepada Alloh. 

Catatan kajian ustadz abu uzair bayu Hafidzahullah 
Mutiara penuntut ilmu 
Masjid Syamsul Huda Mojorejo kota madiun 

Selasa, 05 Oktober 2021

Mencintai Dunia

Seorang mukmin apabila disampaikan dalil dari al quran dan as sunnah maka hendaknya ia bersyukur, apabila disampaikan dalil al quran dan as sunnah merasa panas/terusik (seperti seorang yg kerasukan jin kemudian di rukyah kepanasan) maka ada yg salah dari hati/diri kita.

Seorang mukmin hendaknya memandang dunia dengan pandangan syariat bukan dengan pandangan jiwa/nafsunya. Sehingga menjadikan dunia sebagai bekal untuk tujuan akhirat, bukan menjadikan dunia untuk dunia.

Seorang mukmin hendaknya mencintai dunia dengan pandangan syariat sehingga ia menguasai dunia bukan di kuasai dunia, mengatur dunia bukan diatur oleh dunia. 

Jiwa manusia ada yg disebut jiwa lawwamah(dicela). Yakni berbuat dosa dan bertaubat. 
Juga jiwa yg mutmainah (tenang), yg mencintai kebaikan.

Catatan kajian ustadz Rahmat Hafidzahullah 
Macam² Jiwa
Masjid al muhtadin banjarejo kota Madiun 

Senin, 04 Oktober 2021

MUKMIN YANG KUAT LEBIH ALLAH CINTAI

Hadits 12
Mukmin yg kuat lebih baik dan lebih dicintai Alloh dari pada mukmin yg lemah. Dan masing² mempunyai kebaikan. 
(Berkaitan dengan keimanan). Bersemangatlah Dengan apa yg bermanfaat buatmu dan minta tolonglah kepada allah dan janganlah menjadi lemah.
Dan jika musibah menimpamu jangan mengatakan seandainya begini dan begitu, akan tetapi katakanlah qodarullah wa maasyaafa'ala. Sesungguhnya kata seandainya akan membuka amal/pintu syaithon. 

Dengan belajar agama akan menjadikan seorang kuat imannya.

Hadits ini singkat dan padat tapi banyak faedah didalamnya. Diantaranya 
1. Asma' wa sifat Alloh yakni allah mempunyai sifat mencintai. Dan sifat Alloh tidak sama dengan sifat makhluk, nama dan sifat Alloh mulia dan sempurna.  Ada hal² yg Alloh cintai dan mencintai seseorang yg memiliki hal² yg dicintai Alloh.  Dan juga cinta Alloh bertingkat tidak hanya 1 tingkatan. Sebagaimana mukmin yg kuat lebih Alloh cintai dibandingkan mukmin yg lemah.

Dari hadits ini menjelaskan akan iman adalah pada hati, tetapi ahlus sunnah juga menetapkan iman juga ucapan dan juga perbuatan. 

Sebagaimana hadits lain menyebutkan keimanan ada 60/70 cabang yg paling tinggi adalah ucapan laa ilaha illallah dan paling rendah adalah menyingkirkan duri dari jalan, dan malu merupakan bagian dari iman. Ini adalah dalil² bagian dari iman, yakni hati/keyakinan, ucapan dan perbuatan. 


Mukmin yg kuat ialah yg kuat imannya maksudnya yg menguatkan cabang² keimanan yg 60/70 cabang tadi, dan semua ini dikuatkan dengan iman dan amal sholih serta didakwahkan kepada orang lain. Sedangkan Mukmin yg kurang semangat dalam memenuhi cabang² keimanan serta tidak mendakwahkannya maka ia adalah Mukmin yg lemah. 

Dan hadits inipula diantara dalil² yg menunjukkan bahwa iman itu naik(kuat) dan kadang turun(lemah).
Yg demikian itu sesuai dengan Ilmu keimanan yg dimiliki seseorang. Maka wajib bagi umat islam untuk terus belajar agamanya. Dan inilah yg menjadikan umat islam kuat dengan mempelajari agamanya. 

Dalam muamalah yg memberi perbandingan maka hendaknya menjelaskan point yg dituju dengan memberikan titik temu dari keduanya sehingga tidak merasa dihinakan orang yg dibandingkan tadi.
Perbandingan kebaikan bertingkat tingkat begitu pula keburukan juga bertingkat tingkat, dan setiap Perbandingan hendaknya diberikan titik temu. Seperti masing² kebaikan ada balasannya atau masing² keburukan adalah keburukan kepada Alloh.

Dari hadits ini juga sebagai bahan introspeksi diri kita masing², karena setelah Alloh adalah diri kita sendiri yg mengetahui keadaan masing² dari kita.

Catatan kajian ustadz Taufiq Badri LC 
Panduan perbaikan hati
Masjid Syamsul Huda Mojorejo kota madiun