Sabtu, 14 Mei 2022
Selasa, 10 Mei 2022
Senin, 18 April 2022
Sabtu, 16 April 2022
SIHIR
SIHIR
Dan setiap permintaan bantuan kepada jin/setan harus dengan pendekatan yg mengandung syarat yg bertentangan dengan Al Qur'an dan sunnah. Mulai dari syirik dan bid'ah.
Dalam sihir juga mencampuri/mengklaim perkara gaib yg itu hanya diketahui oleh Alloh. Ini adalah kekafiran dan kesesatan.
Setiap sihir sejatinya adalah jual beli dunia dengan akhirat, tukang sihir/mempercayai sihir artinya telah menjual akhirat nya dengan dunia dan di akhirat tidak mendapat apa².
POINT 5, KAHINAH/PERDUKUNAN
Dukun bekerja sama dengan jin yg mencuri kabar langit (perbincangan malaikat langit) tentang suatu yg akan terjadi, terkadang utuh dan terkadang hanya sebagian kecil. Dan setiap 1 berita yg kebetulan benar akan di bumbui 100 kebohongan. Sebagiannya benar dan kebanyakannya adalah kebohongan.
Perdukunan adalah ikut campur dengan perkara gaib yg hanya Alloh yg mengetahuinya.
Beberapa penyamaran dukun di masa ini:
1. Tabib / dokter alternatif / terapis
Ciri² pengobatan alternatif yg menyimpang
1. Bertanya nama ibu kandung
2. Meminta menyembelih untuk selain Alloh
3. Mengabarkan diri tahu hal² gaib atau barang² yg hilang.
2. Mengaku diri sebagai wali
Mempunyai karomah / kesaktian atau sejenisnya yang di luar dari kewajaran sebagai seorang manusia. Karena Nabi dan para sahabat tidak kebal, juga tidak bisa terbang dll.
Semua yg dilakukan dukun ini adalah untuk menguasai dunia/harta dan menyesatkan manusia.
Maka hendaknya manusia berhati-hati dan menjauhkan diri dan hendaknya aparat menghukum para dukun. Agar manusia dapat beristirahat dari kerusakan yg disebabkan oleh mereka.
Hukuman bagi penyihir/dukun adalah hukuman mati.
Catatan kajian
Panduan Membenahi Aqidah
Ustadz Taufiq Badri LC
Masjid Syamsul Huda Mojorejo Kota Madiun
Sabtu, 20 November 2021
Harta Yang Berkah
Harta legal bagi mukmin, yakni tidak menambah azab di hari kiamat. Harta legal bagi mukmin, yakni menambah kebaikan/amal shalih dengan hartanya.
Sedangkan Harta apabila semakin banyak bagi orang kafir akan semakin menambah azab bagi pemiliknya di akhirat kelak.
Berkah secara bahasa artinya langgeng atau banyak mendatangkan kebaikan.
Jika disimpulkan Harta yg Berkah berarti harta yg mendatangkan kebaikan dan bertahan lama.
Salah satu contoh dari hal berkah adalah sumur (Birkah dalam bahasa arab) Hal ini karena sumur ia banyak memberikan manfaat dan dalam jangka waktu yang lama, selain itu juga ia tidak terbuang(meluber) jika tidak diambil dan masih ada meskipun diambil.
Harta yg berkah didapat dengan amal shalih. Diantara bentuk pemanfaatan harta agar berkah adalah dengan amal jariyah. Sebagian ulama mengartikan amal jariyah adalah wakaf, hal ini sangat berkah karena bisa menjadi umur ke 2 bagi seorang mukmin. Para sahabat Nabi sangat terbiasa dengan wakaf karena ini bisa bertahan lama sekalipun setelah meninggal. Karena itu ketika seorang punya harta agar semakin berkah adalah dengan barwakaf. Setiap ada peluang wakaf diusahakan untuk berpartisipasi semaksimal mungkin.
Wakaf adalah suatu sedekah yg bertahan lama. Dalam hal ini (sedekah/wakaf/amal jariyah) ada yg bertahan lama dan ada yg tidak bertahan lama. Juga ada yg maksimal kemanfaatannya dan ada yg kurang bermanfaat. Maka yg paling baik adalah yg paling bermanfaat dan bertahan lama. Maka apabila hendak sedekah/donasi/wakaf hendaklah dimaksimalkan pada kemanfaatan dan ketahanan.
Harta yg nganggur adalah tanda harta tidak berkah. Semakin banyak digunakan/dimanfaatkan harta semakin berkah.
Harta hanya bisa dinikmati dengan kemampuan fisik. Sedangkan fisik pasti akan melemah dan bagaimana akan menikmati harta? Maka solusi nya adalah memindahkan kenikmatan fisik kepada kenikmatan hati/batin. Yakni semakin tua semakin mendekatkan diri kepada Alloh.
Catatan kajian Safari Dakwah
Ustadz Ammi Nur Baits
Harta Berkah
Masjid Syamsul Huda Mojorejo Kota Madiun
Senin, 01 November 2021
Indikator Keimanan
Hadits 13
Seorang mukmin dengan mukmin yg lain, itu ibarat sebuah bangunan. Menguatkan sebagian terhadap sebagian yg lain(saling menguatkan). Dan beliau Shallallahu 'alayhi wasallam menggabungkan jari jemarinya.
Ini adalah indikator keimanan seseorang yakni saling menguatkan.
Jika masih saling melemahkan/menggembosi maka perlu introspeksi pada iman seseorang tersebut.
Dan ini adalah salah satu pokok keimanan. Dan sudah seharusnya orang² mukmin itu bersaudara bahkan itulah persaudaraan paling kuat yakni persaudaraan diatas keimanan. Saling menyayangi, mencintai dan saling berlemah lembut. Bahkan ia mencintai saudara itu sebagaimana ia mencintai dirinya sendiri, sebagaimana hadits Nabi Shallallahu 'alayhi wasallam.
Dalam hadits lain disebutkan setiap orang punya bagian dari sifat hasad akan tetapi ada yg menahannya dan ada yg membiarkannya. Maka menahannya adalah ciri orang yg beriman.
Sebagaimana cinta pada suami istri, yg harus di realisasikan atau di usahakan. Maka begitu juga dalam bersaudara mukmin maka harus diusahakan pula.
Diantara bentuk²nya ialah:
Wajib menjaga kemaslahatan global daripada kemaslahatan individu.
Persaudaraan mukmin ibarat sebuah bangunan. Dimana terdiri dari pondasi, tembok, pintu atap dll. Maksudnya setiap mukmin mempunyai tugas masing² yg berbeda beda dan tidak selayaknya untuk saling iri. Karena dari iri ini runtuh persaudaraan. Dan masing² mendapatkan pahalanya sesuai perannya. Maka tugas pokoknya masing² adalah fokus dan ikhlas pada perannya.
Selain saling menguatkan, setiap mukmin tetap waspada akan halangan dan hambatan. Dan dengan kebersamaan/persaudaraan akan dapat melewati semua halangan dan hambatan tersebut. Dengan mengesampingkan ego masing² untuk mencapai tujuan bersama. Dan setiap mukmin mempunyai kewajiban individu dan kewajiban global/bersama.
Kewajiban individu jatuh pada setiap mukmin mukallaf/terkena beban syariat. Yakni kewajiban fardhu ain dan fardhu kifayah(wajib bagi sebagian dengan bagian yg cukup).
Contoh tugas individu dan tugas bersama ialah menuntut ilmu dan yg lain berperang/Jihad. Dimana setelah Jihad, bagi yg telah menuntut ilmu memberikan ilmunya. Yakni masing² mempunyai seorang untuk fokus, baik ada yg fokus menuntut ilmu dan ada yg fokus berjihad/amar maksud nahi mungkar.
Jihad ada yg wajib ain yakni jihad difence atau pertahanan.
Jihad ada yg wajib kifayah yakni Jihad offance/menyerang.
Contoh tugas individu sekaligus tugas bersama adalah berperang.
Catatan kajian ustadz Taufiq Badri LC Hafidzahullah
Perbaikan hati
Masjid Syamsul Huda Mojorejo Kota Madiun
Senin, 11 Oktober 2021
PERKARA AGAMA DAN DUNIA
Bersemangat dalam perkara yg bermanfaat baik perkara dunia dan perkara akhirat.
2 perkara ini tidak cukup dengan semangat melainkan harus dengan meminta pertolongan Alloh.
Bersemangat dalam beramal yang bermanfaat baik untuk perkara dunia terlebih untuk perkara akhirat. Karena kemalasan adalah kerugian yang nyata.
Sedangkan bersemangat dalam perkara kebathilan hanya akan merugikan dan kehancuran.
Maka bersemangatlah dengan bimbingan syariat, baik perkara dunia terlebih perkara akhirat.
Kemudian kesemangatan dalam amalnya yg bermanfaat itu harus dikembalikan kepada Alloh secara sempurna, bukan bersandar pada diri sendiri.
Tawakal adalah bersandarnya hati kepada Alloh dengan tetap mengambil sebab, dan bukan hanya secara lisan.
Maka dengan bersemangat dalam perkara² yg bermanfaat, serta meminta pertolongan Alloh dan berserah/bertawakal kepada Alloh akan mudah segala urusan. Dengan ini pula seorang akan yakin akan pertolongan Alloh, maka akan sempurna perkara dunia dan akhirat seorang hamba.
Akan tetapi seorang harus mengetahui perkara² apa saja yg harus di ketahui oleh seorang mukmin yakni:
1. Perkara agama
Yakni ilmu yg bermanfaat dan amal yg sholih.
ILMU YANG BERMANFAAT
Maksudnya ialah ilmu yg mensucikan hati dan ruh.
Seberapa besar dampak kajian/belajar yg sudah di tempuh selama ini, apakah hati dan ruh menjadi lebih baik atau sebaliknya?
Karena ada kalanya ilmu itu menumbuhkan kesewenang-wenangan sebagaimana harta, ketika seorang yg telah kaya kadang berbuat sewenang². Hati yg semakin mengeras setelah menuntut ilmu adalah indikasi akan ilmu yg tidak bermanfaat. Indikator lainnya adalah hidup lebih qonaah setelah menuntut ilmu.
Kemudian ilmu yg bermanfaat adalah apa yg datang dari Alloh dan RosulNya, dari perkara aqidah, fiqih, al quran, tafsir dan sebagainya.
Juga ilmu alat seperti ilmu bahasa arab dll.
Dan semua itu adalah disesuaikan dengan kondisi (yg sudah menikah dan yg belum).
Apabila sudah menikah maka harus adil dirumah dan di luar rumah. Apabila belum menikah hendaknya dimaksimalkan dalam belajar.
Sebagai pondasi hendaknya membuat ringkasan² materi yg telah di pelajari dan dihafalkan atau jika kesulitan bisa dibaca diulang² kemudian di dalami/ditadabburi. Kemudian beranjak pada kitab/pembahasan yg lebih luas.
Karena seorang yg telah menghafalkan dasar² ilmu agama maka akan mudah memahaminya.
Sedangkan seorang mencari ilmu yg tidak bermanfaat hanya akan menghabiskan waktu dan hanya akan melelahkan fisik.
Apabila telah mengerti prioritas ilmu yg perlu dipelajari dan memperoleh guru yg tepat maka telah sempurna.
Catatan kajian ustadz Taufiq Badri LC Hafidzahullah
Panduan memperbaiki hati
Masjid Syamsul Huda Mojorejo Kota Madiun
Sabtu, 09 Oktober 2021
Berlebihan dalam memuliakan orang-orang sholih.
Celah/pintu yg dapat mengantarkan pada kesyirikan.
Point 9
Berlebihan dalam memuliakan orang-orang sholih.
Memuliakan orang sholih adalah wajib. Sebagaimana berbakti kepada orang tua yg menjadi sebab keberadaan kita di dunia, dan selayaknya memuliakan ulama karena menjadi sebab kita masuk surga dengan arahan/pengajaran ulama.
Sebagaimana Point 8, bahwa memuliakan Nabi secara berlebihan adalah tidak boleh maka di Point 9 terlebih yg selain Nabi. Dengan tidak memberikan sifat ketuhanan kepada orang sholih (meminta/ berdoa/memuji dengan memberikan sifat² yg seharusnya hanya di tujukan kepada Alloh).
Terlebih(meminta pertolongan) pada ulama yg telah wafat. Adapun kepada ulama yg masih hidup maka masih bisa meminta pertolongan sebatas kemampuan yg dimampuinya sebagai manusia.
Sifat berlebihan pada pengagungan orang² sholih ini telah terjadi pada kaum nabi Nuh Sebagaimana tertera dalam Al Qur'an surah Nuh. Sedangkan fitnah di hari² kita ini adalah ulangan dari hari² umat terdahulu. Tinggal kita mengikuti bimbingan syariat dan melawan nafsu kita agar selamat.
Hal ini terlihat pada para pengagung kuburan, yg berlebihan dalam memuliakan kubur orang² sholih. Syaithon telah menghiasi nya sehingga seolah indah/baik di mata manusia. Awalnya berdoa kepada Alloh dikuburan, kemudian meminta tolong kepada penghuni kubur(menjadikan wasilah/perantara),dan puncaknya adalah meminta/berdoa kepada penghuni kubur, beribadah kepada kuburan. Maka jadilah kuburan² itu menjadi berhala² yg disembah selain Alloh.
Syaithon benar² telah menghiasi para pengkultus kuburan, bahwa sikap² ini adalah bentuk pemuliaan kepada orang² sholih dan bagian dari agama. Sedangkan orang² yg mengingatkan akan hal ini Syaithon(dan orang² yg terfitnah Syaithon) hiasi seolah itu adalah keburukan, tidak menghormati ulama, tidak mencintai ulama. Padahal ini adalah kedustaan yg nyata. Cara memuliakan ulama yg benar adalah mengamalkan Al Qur'an dan As Sunnah sebagaimana yg ulama² telah jelaskan(mengamalkan ilmu mereka), sehingga amal yg kita kerjakan pahalanya otomatis mereka juga mendapatkan nya.
Pengkultus kuburan seperti dimasa ini telah terjadi pula pada kaum quroisy, dimana mereka menyembah berhala² dan ketika islam datang mengingatkan akan kesyirikan mereka, mereka mengelak dengan mengatakan bahwa mereka tidak menyembah/berdoa/meminta kepada kuburan melainkan hanya sebagai wasilah agar mereka mendekatkan pada Alloh sedekat dekatnya. Dan ini adalah subhat(kerancuan) dan kebatilan. Sebagaimana tercantum pada Al Qur'an.
Catatan kajian ustadz Taufiq Badri LC Hafidzahullah
Masjid Syamsul Huda Mojorejo kota madiun
Rabu, 06 Oktober 2021
KETIKA SEORANG GURU TERGELINCIR PADA KESALAHAN
Ketika guru terjatuh pada kesalahan
Maka hendaknya di ingatkan agar supaya tidak membahayakan diri sendiri (sang guru) dan juga murid²nya.
Namun bagaimana cara yg tepat untuk memberikan nasihat tersebut? Yakni dengan penuh hikmah dan adab.
Bisa saat itu juga terlebih pada saat pelajaran sedang yg hadir adalah banyak dan direkam maka harus segera diluruskan khawatir jika ditunda kesalahan tersebut keburu tersebar di kalangan kaum muslimin.
Atau apabila dalam forum pelajaran yg tidak besar maka bisa bisa ditunda, dengan mencari waktu dan tempat yg tepat. Serta penyusunan kata yg benar² halus dan penuh adab.
Dengan demikian meluruskan kesalahan adalah sebuah kewajiban.
Dan islam adalah agama yg pertengahan. Dimana wajib bagi kaum muslimin menuntut ilmu tetapi tidak boleh taklid buta. Yakni kita wajib menuntut ilmu dari guru dan tidak boleh membiarkan kesalahan pada guru. Kita tidak boleh menjadi syaithon bisu, yakni diam ketika melihat kesalahan, apalagi menjadi syaithon yg bisa bicara yakni menyeru pada keburukan.
Dan tidak boleh seorang penuntut ilmu memberatkan guru, misalnya bertanya untuk mendebat/menguji.
Dan ketika seorang penuntut ilmu hendak pindah majelis ilmu hendaknya ia minta izin kepada gurunya terlebih dahulu, hal ini untuk lebih menjaga kehormatan dirinya dan gurunya. Dan juga lebih menjaga hati dan cinta sang guru kepada kita.
Faedah yang lainnya adalah bisa jadi guru kita lebih mengetahui keadaan guru yg akan kita ambil ilmunya lebih dalam dari pengetahuan kita. Karena banyak pemuda yg tertipu dari penyampaian menawan sedang ia tidak tahu sisi yg lainnya.
Oleh karena itu banyak faedah dari meminta ijin kepada guru. Diantaranya yg telah disebutkan, juga agar sang guru tidak suudzon kepada murid.
Tetapi juga perlu diperhatikan akan adab ini, seorang murid tidak boleh berlebihan dalam memuliakan seorang guru, dengan terlalu/ terlewat batas dalam merendahkan diri. Seperti menjilat tangan, berebut air minum bekas guru, menunduk sampai rukuk maka ini tidak boleh karena rukuk termasuk ibadah yg hanya boleh diberikan kepada Alloh.
Catatan kajian ustadz abu uzair bayu Hafidzahullah
Mutiara penuntut ilmu
Masjid Syamsul Huda Mojorejo kota madiun
Selasa, 05 Oktober 2021
Mencintai Dunia
Seorang mukmin apabila disampaikan dalil dari al quran dan as sunnah maka hendaknya ia bersyukur, apabila disampaikan dalil al quran dan as sunnah merasa panas/terusik (seperti seorang yg kerasukan jin kemudian di rukyah kepanasan) maka ada yg salah dari hati/diri kita.
Seorang mukmin hendaknya memandang dunia dengan pandangan syariat bukan dengan pandangan jiwa/nafsunya. Sehingga menjadikan dunia sebagai bekal untuk tujuan akhirat, bukan menjadikan dunia untuk dunia.
Seorang mukmin hendaknya mencintai dunia dengan pandangan syariat sehingga ia menguasai dunia bukan di kuasai dunia, mengatur dunia bukan diatur oleh dunia.
Jiwa manusia ada yg disebut jiwa lawwamah(dicela). Yakni berbuat dosa dan bertaubat.
Juga jiwa yg mutmainah (tenang), yg mencintai kebaikan.
Catatan kajian ustadz Rahmat Hafidzahullah
Macam² Jiwa
Masjid al muhtadin banjarejo kota Madiun
Senin, 04 Oktober 2021
MUKMIN YANG KUAT LEBIH ALLAH CINTAI
Hadits 12
Mukmin yg kuat lebih baik dan lebih dicintai Alloh dari pada mukmin yg lemah. Dan masing² mempunyai kebaikan.
(Berkaitan dengan keimanan). Bersemangatlah Dengan apa yg bermanfaat buatmu dan minta tolonglah kepada allah dan janganlah menjadi lemah.
Dan jika musibah menimpamu jangan mengatakan seandainya begini dan begitu, akan tetapi katakanlah qodarullah wa maasyaafa'ala. Sesungguhnya kata seandainya akan membuka amal/pintu syaithon.
Dengan belajar agama akan menjadikan seorang kuat imannya.
Hadits ini singkat dan padat tapi banyak faedah didalamnya. Diantaranya
1. Asma' wa sifat Alloh yakni allah mempunyai sifat mencintai. Dan sifat Alloh tidak sama dengan sifat makhluk, nama dan sifat Alloh mulia dan sempurna. Ada hal² yg Alloh cintai dan mencintai seseorang yg memiliki hal² yg dicintai Alloh. Dan juga cinta Alloh bertingkat tidak hanya 1 tingkatan. Sebagaimana mukmin yg kuat lebih Alloh cintai dibandingkan mukmin yg lemah.
Dari hadits ini menjelaskan akan iman adalah pada hati, tetapi ahlus sunnah juga menetapkan iman juga ucapan dan juga perbuatan.
Sebagaimana hadits lain menyebutkan keimanan ada 60/70 cabang yg paling tinggi adalah ucapan laa ilaha illallah dan paling rendah adalah menyingkirkan duri dari jalan, dan malu merupakan bagian dari iman. Ini adalah dalil² bagian dari iman, yakni hati/keyakinan, ucapan dan perbuatan.
Mukmin yg kuat ialah yg kuat imannya maksudnya yg menguatkan cabang² keimanan yg 60/70 cabang tadi, dan semua ini dikuatkan dengan iman dan amal sholih serta didakwahkan kepada orang lain. Sedangkan Mukmin yg kurang semangat dalam memenuhi cabang² keimanan serta tidak mendakwahkannya maka ia adalah Mukmin yg lemah.
Dan hadits inipula diantara dalil² yg menunjukkan bahwa iman itu naik(kuat) dan kadang turun(lemah).
Yg demikian itu sesuai dengan Ilmu keimanan yg dimiliki seseorang. Maka wajib bagi umat islam untuk terus belajar agamanya. Dan inilah yg menjadikan umat islam kuat dengan mempelajari agamanya.
Dalam muamalah yg memberi perbandingan maka hendaknya menjelaskan point yg dituju dengan memberikan titik temu dari keduanya sehingga tidak merasa dihinakan orang yg dibandingkan tadi.
Perbandingan kebaikan bertingkat tingkat begitu pula keburukan juga bertingkat tingkat, dan setiap Perbandingan hendaknya diberikan titik temu. Seperti masing² kebaikan ada balasannya atau masing² keburukan adalah keburukan kepada Alloh.
Dari hadits ini juga sebagai bahan introspeksi diri kita masing², karena setelah Alloh adalah diri kita sendiri yg mengetahui keadaan masing² dari kita.
Catatan kajian ustadz Taufiq Badri LC
Panduan perbaikan hati
Masjid Syamsul Huda Mojorejo kota madiun
Selasa, 28 September 2021
ILMU
Ilmu
Barangsiapa menginginkan dunia butuh Ilmu dan Barangsiapa menginginkan akhirat butuh Ilmu. Barangsiapa menginginkan keduanya butuh Ilmu. (Imam syafii)
Ilmu tidak identik dengan Ijazah.
Ilmu membutuhkan fiqih/pemahaman. Memahami islam, iman dan ihsan dengan Ilmu.
Iman dengan 6 pokoknya, yg disebut juga rukun iman.
Islam dengan 5 kaidah nya atau rukun nya.
Dan ihsan adalah engkau beribadah seolah engkau melihatnya jika tidak sesungguhnya Alloh melihatmu.
Semua ini terdapat pada hadits jibril.
Dengan memahami aqidah mazhab salaf. Dan mazhab ini tidak berhubungan dengan 4 imam mazhab fiqih. Tetapi mazhab Nabi dan para sahabatnya atau ahlus sunnah wal jama'ah. Yakni ahli islam dengan pemahaman sahabat Nabi. Siapapun yg menjalankan ajaran Nabi Shallallahu 'alayhi wasallam maka ia adalah ahlus sunnah wal jamaah meskipun seorang diri.
Selain belajar manhaj salaf, perlu juga belajar penyimpangan² yg keluar dari ajaran Nabi agar tidak terjerumus kedalamnya.
Kemudian juga setelah akidah, perlu belajar fiqih ibadah dan juga akhlak dan muamalah. Juga pidana dan perdata (dalam islam) dan lain².
Akidah berkaitan dengan 6 rukun iman, sedangkan tauhid lebih fokus pada iman kepada Alloh.
Belajar dasar² iman, dasar² pemahaman, tafsir, hadits dan alat² untuk mempelajari agama seperti bahasa arab dengan berbagai macamnya.
Dan ini tampak pada orang² yg suka bermajelis Ilmu.
Orang² yg berpaling dari mempelajari ilmu agama, termasuk orang yg Alloh tidak menginginkan kebaikan padanya. Karena Alloh menginginkan kebaikan pada hambaNYA dengan sebab².
Dari sini kita pahami bahwa hidayah tidak datang tiba², melainkan diusahakan dengan belajar agar paham agama. Sebaliknya, bagi yg enggan belajar maka ia tidak menginginkan kebaikan.
Maka tidaklah benar adanya ilmu laduni(paham agama tanpa belajar). Tak ada orang yg pandai tanpa belajar.
Catatan kajian ustadz Taufiq Badri LC Hafidzahullah
Masjid Syamsul Huda
Mojorejo kota madiun
Sabtu, 25 September 2021
JALAN-JALAN PENYEBAB KESYIRIKAN
Point 8
Berlebihan dalam hak Nabi Shallallahu 'alayhi wasallam.
4 rukun syahadat rasul
A. Mentaati apa yg rasulullah perintahkan
B. Menjauhi apa yg rasulullah larang
C. Membenarkan apa yg rasulullah kabarkan
D. Tidak beribadah kecuali sesuai petunjuk rasulullah Shallallahu 'alayhi wasallam.
Termasuk bersholawat kepada beliau harus sesuai dengan ajaran beliau yakni tidak berlebihan, tidak boleh sampai memberikan sifat ketuhanan.
Jangan Berlebihan dalam memujiku sebagaimana orang² nashara Berlebihan memuji isa putra maryam, katakanlah aku adalah hamba allah dan rasulnya. (HR.Bukhori&muslim)
Hal ini juga terlihat pada pujian Allah pada rasulullah dengan menyebut sebagai hambaNYA dalam Al Qur'an surah al kahfi ayat 1, al Furqon ayat 1 juga al jin dan pada beberapa tempat lain Allah puji dengan panggilan Ya Nabi/Rasul.
Tetapi sebagian manusia telah berlebihan dalam hak rasulullah Shallallahu 'alayhi wasallam yg ini terlarang sebagaimana hadits diatas. Tetapi malah mereka yg mengklaim paling cinta Nabi. Hal ini terlihat dari beberapa manaqib/biografi Nabi, yg berlebihan dalam menyanjung Nabi. Dan sebagian pada syair dan doa mengharapkan, mengarahkan, menyadarkan kepada Nabi dan di saat yg sama telah melupakan Alloh.
Yg demikian karena syaithon telah menghiasi keburukan dengan keindahan seolah² mereka telah mencapai kecintaan paling tinggi dan pengagungan paling tinggi kepada Nabi. Sedangkan mereka yg menegakkan sunnah nabi dengan tidak berlebihan dalam menempatkan hak Nabi, syaithon hiasi dengan keburukan sehingga manusia menganggap mereka pada kebencian pada Nabi.
Padahal tidaklah kecintaan itu haqiqi kecuali dengan mengikuti sunnah² Nabi Shallallahu 'alayhi wasallam.
Sikap berlebihan adalah jalan syaithon untuk menarik kita kedalaman kehancuran dan menjadi wakil² mereka. Na'udzu billah.
Catatan kajian panduan membenahi AQIDAH
Ustadz Taufiq Badri LC Hafidzahullah
Masjid Syamsul Huda Mojorejo kota madiun
Selasa, 21 September 2021
RUH ADALAH SALAH SATU MAKHLUK ALLOH.
RUH ADALAH SALAH SATU MAKHLUK ALLOH.
Semua ulama sepakat bahwasanya ruh adalah makhluk ciptaan Alloh. Dilihat dari beberapa sisi. Diantaranya:
1. Ar-ra'ad ayat 16.
Allah pencipta segala sesuatu. Allah menciptakan semua didalam alam semesta. Dan allah diluar alam semesta, allah tidak butuh alam semesta. Semua yg selain allah disebut alam/makhluk. Sebagian ada yg allah jadikan kekal (surga, neraka, arsy).
Allah al kholiq, maha menciptakan. Artinya allah mempunyai sifat maha menciptakan.
Segala sesuatu(makhluk) ada karena ada yg menciptakan, tidak mungkin makhluk menciptakan dirinya sendiri(keyakinan menyimpang orang² atheis). Akidah syariah adalah akidah yg sesuai fitrah manusia.
2. Surah Maryam-9
Allah menciptakan kamu yg sebelumnya tidak ada. Ayat ini bukan hanya berbicara tentang badan saja, tetapi juga badan dan ruh.
3. Surah al a'raf-11
Allah menciptakan kalian dan membentuk kalian.
Menunjukkan ruh dan jasad. Allah menciptakan manusia dengan segala bentuknya, dengan ini allah melarang kita membenci fisik seseorang, tetapi boleh membenci sikap atau sifat atau keyakinan.
4. Semua dalil menunjukkan bahwasanya manusia adalah hamba dari ujung rambut sampai ujung kaki termasuk ruh. Dan hakikat penghambaan sejati adalah penghambaan ruh, jasad hanya mengikuti.
Catatan kajian Ustadz Rahmat Pujianto Hafidzahullah.
Masjid Al Muhtadin Banjarejo kota Madiun
Selasa, 14 September 2021
IMAN KEPADA HARI AKHIR Bab Kematian adalah kiamat kecil Sub BAB Arti WAFAT dan Arti Ruh
Kematian adalah kiamat kecil yg pasti dialami setiap orang. Kematian datang tepat pada waktunya tidak bisa dimajukan & tidak pula bisa di undur. Waktunya tidak ada yg tahu, sekalipun para nabi dan rasul. Hikmah tersembunyi nya kematian adalah agar manusia mempersiapkan kematiannya.
WAFAT
Apa maksudnya? Ada dua makna yakni;
Wafat yg berarti mati/meninggal dunia.
Dan Wafat yg berarti tidur.
Keduanya Alloh jelaskan dalam Al Qur'an.
Juga dalam doa akan tidur dari hadits yg shahih.
Ibnu Abbas radhiyallahu'anhuma dikenal juga turjumanul quran, atau yg menjelaskan Al Qur'an. Menjelaskan tentang ayat wafat ini yakni Alloh mencabut nyawa saat kematiannya dan saat tidurnya, juga saatnya tidurnya sekaligus sebagai kematiannya. Dan Alloh melepaskan jiwa yg lain yakni mengembalikan nyawa ke tubuh setelah tidurnya sampai waktu yg telah Alloh tentukan.
Qod aflahal mukminun, sungguh beruntung orang yg beriman. Tidak ada orang mukmin yg sial.
Hakikat roh/ruh.
Hakikat ruh hanyalah Alloh yg tahu. Hanya sedikit keterangan yg datang dari dalil/nash.
Ruh adalah ciptaan tersendiri(berdiri sendiri) dan badan juga ciptaan tersendiri. Bisa menyatu dengan badan dan bisa terpisah dengan badan. Ruh bisa merasakan nikmat & azab. Ruh bukan bagian dari badan. Tidak ada kekhususan ruh pada jasad, sebagaimana kehidupan beredar di seluruh tubuh. Manusia dikatakan hidup selagi ada ruh pada jasad dan tidak lagi dikatakan hidup ketika ruh itu tidak lagi bersama jasad.
Catatan kajian rutin ustadz Rahmat Pujianto hafidzahullah penjelasan rukun iman
Masjid al muhtadin banjarejo kota madiun
Jumat, 10 September 2021
KEUTAMAAN MENUNTUT ILMU AGAMA
Keutamaan Menuntut Ilmu Agama
1. Ilmu adalah dasar atau pokok Agama.
Dimana disanalah ibadah berdiri, yakni berdiri diatas Ilmu.
2. Dan dengan Ilmu bisa mengetahui amalnya di terima atau ditolak di sisi allah. Dengan Ilmu dan pemahaman yg benar.
3. Dengan Ilmu seorang tidak mudah ditipu/tertipu oleh orang lain.
Kenapa banyak orang yg hanya ikut-ikutan? Karena mereka tidak memiliki ilmu.
4. Ciri ahlus sunnah adalah rajin/semangat dalam menuntut ilmu agama. Karena menuntut ilmu agama adalah wajib bagi setiap muslim. Dan seorang muslim ketika beramal apapun haruslah diatas Ilmu.
5. Ilmu yg paling tinggi adalah ilmu mengenal Alloh, ilmu tauhid. Sebagaimana kaidah, ibadah tidaklah dikatakan ibadah tanpa tauhid. Dan ibadah kepada-NYA tidak akan di terima kecuali dengan Ilmu.
6. Sebagaimana perkataan imam bukhori rahimahullah Al ilmu qoblal qouli wal amal, berilmu sebelum berucap & beramal.
7. Ilmu menyelesaikan berbagai permasalahan. Seseorang akan mudah menyelesaikan masalah²nya karena berilmu.
8. Ilmu yg bermanfaat adalah kunci untuk membedakan rezeki yg halal atau haram, membedakan amal yg benar & diterima atau amal yg tidak benar & tidak diterima.
Catatan kajian tematik Keutamaan Menuntut Ilmu
Ustadz Umar Bakri LC Hafidzahullah
Masjid Syamsul Huda
Mojorejo Kota Madiun
Kamis, 12 Agustus 2021
POLEMIK MINUM KOPI
☕☕☕☕☕☕☕☕
🌱🌱🌱🌱🌱🌱🌱🌱
*POLEMIK MINUM KOPI*
🖋️ Rahmat Pujianto
🌾🌾🌾🌾🌾🌾🌾🌾🌾
Minum kopi bagi sebagian orang suatu hal yang tidak bisa ditinggalkan bahkan bila sehari tidak ada kopi di sebelahnya, ada yang kurang dalam hidupnya. Terlebih bagi penikmat kopi ( baik itu dari kalangan muda ataupun tua ) maka secangkir kopi bisa menghabiskan berjam jam lamanya. Benar benar dinikmati setiap tegukannya. Bahkan kopi bukan hanya disukai oleh orang awwam tapi juga disukai oleh para pemuka agama. Sehingga dari sini muncul beberapa pertanyaan .
Apakah minum kopi ada keutamaannya ?
Apakah minum kopi ada haditsnya ?
Apakah kopi minumannya orang sholih ?
*Mungkin pertanyaan ini muncul karena adanya perkataan dari sebagian orang bahwa ada wali Alloh yang bermimpi bertemu "Rosululloh" dan kemudian wali ini meminta beliau menyampaikan haditsnya. Kemudian beliau berkata : " selama bau kopi ada di mulut seseorang maka saat itu malaikat memintakan ampun untuknya ".*
Dari ungkapan ini akhirnya muncul keyakinan bahwa minum kopi bisa mendapat doa malaikat. Allohul mustaan.
Apakah ungkapan diatas benar ?
Mari kita lihat dari ditinjau di bawah ini :
1. _Hukum minum kopi_
Minum kopi sama halnya minuman pada umumnya yang hukumnya mubah atau boleh. Artinya disana tidak ada perintah / anjuran dan juga tidak ada larangan. Walaupun mungkin pada zat kopi ada kandungan yang bermanfaat bagi tubuh manusia. Karena semua perkara dunia bila tidak ada larangan padanya kembali ke hukum asal yaitu mubah. Terlebih kopi belum ada di zaman nabi ataupun di zaman tabi'in. Kopi baru ada setelah abad 10 H.
Kemudian datang orang belakangan ini membawa hadits tentang keutamaan minum kopi ????? Bagaimana bisa Nabi memberikan keutamaan pada sebuah minuman sedang beliau sendiri belum pernah mengenalnya atau mengetahuinya ??
kalaulah ada hadits tentangnya pastilah sudah dinukilkan kepada kita.
2. _Penetapan hukum syariat tidak bisa diambil dari mimpi atau hadits palsu._
Dalam ilmu hadits ada istilah sanad artinya urutan para periwayat hadits mulai dari sahabat Nabi sampai para ulama pencatat hadits.
*_Para ulama hadits tidak mau menerima hadits yang datang kepada mereka melainkan jika mempunyai sanad, mereka melakukan demikian sejak tersebarnya dusta atas nama Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam yang dipelopori oleh orang-orang Syi’ah._*
Seorang Tabi’in yang bernama Muhammad bin Sirin (wafat tahun 110 H) rahimahullah berkata, _“Mereka (yakni para ulama hadits) tadinya tidak menanyakan tentang sanad, tetapi tatkala terjadi fitnah, mereka berkata, ‘Sebutkan kepada kami nama rawi-rawimu, bila dilihat yang menyampaikannya Ahlus Sunnah, maka haditsnya diterima, tetapi bila yang menyampaikannya ahlul bid’ah, maka haditsnya ditolak.’”_
Kemudian, semenjak itu para ulama meneliti setiap sanad yang sampai kepada mereka dan bila syarat-syarat hadits shahih dan hasan terpenuhi, maka mereka menerima hadits tersebut sebagai hujjah, dan bila syarat-syarat tersebut tidak terpenuhi, maka mereka menolaknya.
‘Abdullah bin al-Mubarak (wafat th. 181 H) rahimahullah berkata:“Sanad itu termasuk dari agama, kalau seandainya tidak ada sanad, maka orang akan berkata sekehendaknya apa yang ia inginkan.”
Sekarang bila ada yang bermimpi menerima hadits Nabi, apakah haditsnya bisa diterima ? padahal hadits yang ada sanadnya saja harus diteliti dan bagaimana kalau hadits itu dari mimpi ??? hanya orang yang berfikir yang bisa mengambil pelajaran.
3. _Islam agama yang sudah sempurna_
Setelah Nabi sholallohu alaihi wa sallam wafat maka islam sudah sempurna dan al quran tidak lagi turun. _Apapun yang bisa mendekatkan ke syurga dan menjauhkan dari neraka ataupun yang bisa menjauhkan dari syurga dan mendekatkan ke neraka, semua telah dijelaskan oleh beliau._ Tidak butuh penambahan apalagi pengurangan. Bila ada yang mengaku bertemu Nabi lewat mimpi kemudian menyampaikan hadits maka sama halnya meyakini bahwa ada syariat yang belum disampaikan oleh beliau padahal Alloh telah berfirman kepada beliau :
" Pada hari telah Aku sempurnakan agama kalian dan telah Aku sempurnakan nikmatKu bagi kalian dan telah Aku ridhoi Islam sebagai agama kalian " ( Al maidah 3 )
_Coba renungkan sejenak!! apa yang ada dalam benak kita bila seandainya hadits dalam mimpi itu benar ?? sama halnya kita menuduh Nabi menyembunyikan syariat yang harusnya disampaikan saat beliau masih hidup atau kata lain kita menuduh Nabi tidak menunaikan amanah dari Alloh ( berkhianat ) . Na'udzu billah min dzalik._
_Kalau demikian keadaannya berarti Nabi sudah tidak memiliki sifat amanah yang itu harus dimiliki oleh setiap utusan Alloh. Allohul musta'an.
_
Oleh karena itulah seorang muslim wajib mencukupkan diri dengan apa yang ada dalam alquran dan hadits dan jangan menambah nambahi dalam perkara yang telah sempurna. Terlebih lagi hanya sekedar bersumber dari mimpi. Sehingga perlu diketahui bahwa setiap yang mengaku Nabi dalam mimpi dan kemudian menyampaikan "hadits" maka orang itu bukanlah nabi tapi syaithon yang mengaku ngaku sebagai nabi dengan tujuan untuk menyesatkan manusia dari jalan kebenaran.
Saringlah setiap berita yang datang jangan diterima sebelum jelas perkaranya, apakah itu bersumber dari alquran dan hadits ataukah diambil dari selain keduanya.
Maka keselamatan bagi siapa saja yang mengikuti petunjuk Alloh dan RosulNya dan mendengar serta menerima kebenaran dari keduanya..
Barokallohu fikum
Kamis, 05 Agustus 2021
Agar indahnya Syari’at Islam semakin nyata dalam kehidupan.
Agar indahnya Syari’at Islam semakin nyata dalam kehidupan.
Benda sama, beda peruntukkan beda hukumnya, beda orang beda pula hukumnya.
Emas haram atas pria halal untuk wanita sebagai perhiasan penyempurna keindahan dan keanggunan mereka.
Walau halal untuk wanita namun haram atas mereka untuk menggunakan emas sebagai bejana tempat makan dan minum.
Menjual belikan emas dengan emas secara tunai dan sama timbangan adalah halal.
Namun menjual belikannya secara non tunai atau dengan selisih timbangan adalah haram.
Anjing haram dipelihara, apalagi sekedar untuk ngikuti tren.
Namun boleh memelihara anjing untuk berburu, berjaga ladang dan peternakan.
Memberi makan anjing kelaparan atau kehausan adalah amal kebajikan.
Bangkai haram dimakan, namun memanfaatkan lemak bangkai untuk kepentingan semisal digunakan sebagai pelumas perahu atau bahan baku lentera dibolehkah.
Memakan kulit bangkai haram walau setelah diproses/disamak.
Namun memanfaatkan kulit bangkai kambing atau sejenis setelah diproses/disamak, untuk tas, alas, jaket adalah halal.
Demikian seterusnya.
Hukum itu kaitannya dengan perbuatan dan tindakan manusia bukan dengan benda. Karena memang Islam diturunkan untuk mengatur perbuatan manusia bukan mengatur benda.
Kawan! Status ini sekedar testimoni tentang manfaat ilmu ushul fiqih dalam kehidupan kita sehari hari terutama ketika memahami dan mengamalkan syari’at Islam.
Semoga membuka cakrawala anda dalam memahami hukum, sehingga anda dapat merasakan keindahan syari’at Islam, dan sitna kesan kaku yang sering kali dikeluhkan sebagian orang.
DR.Arifin Badri
Reshare By Radio Idzaatul Khoir 100,6MHz FM Islamic Center Ponorogo.
Selasa, 03 Agustus 2021
MULIANYA TAWADHU'
💦💦💦💦💦💦💦💦
🌱🌱🌱🌱🌱🌱🌱🌱
*MULIANYA TAWADHU'*
🖊️ Al Faqir Rahmat Pujiyanto 📚
Tawadhu' bukan berarti mengalah
Tawadhu' bukan berarti merendahkan diri sendiri
Tawadhu' bukan berarti harus membuang pendapatnya
_Akan tetapi tawadhu adalah sifat merasa orang lain lebih baik dari dirinya yang ditunjukkan dengan sikap prilaku tidak menampakkan kelebihannya secara sombong._
Seorang yang tawadhu' tidak serta merta memaksa orang lain harus ikut dengan pendapatnya sebelum diteliti pendapatnya lebih mencocoki kebenaran ataukah tidak.
Bila dilihat pendapat orang lain lebih mendekati kebenaran dari pendapatnya maka tanpa rasa malu dia meninggalkan pendapatnya dan mengikuti pendapat orang lain tersebut. Dan bila diketahui pendapatnya lebih benar, maka diapun juga tidak merasa bangga diri dan tidak merasa lebih baik ataupun merendahkan orang lain.
Seorang yang tawadhu' pula selalu mendahulukan asas mashlahat umum dari pada mashlahat pribadi. _Egoisme suatu sifat yang tidak akan bisa bersatu dengan ketawadhu'an._
Cukuplah apa yang di khabarkan utusan Alloh sebagai cambuk untuk kita mempunyai sifat tawadhu'.
Dari Abu Hurairah, ia berkata bahwa Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
“Sedekah tidaklah mengurangi harta. Tidaklah Allah menambahkan kepada seorang hamba sifat pemaaf melainkan akan semakin memuliakan dirinya. *Dan juga tidaklah seseorang memiliki sifat tawadhu’ (rendah hati) karena Allah melainkan Allah akan meninggikannya.” (HR. Muslim no. 2588).*
Yang dimaksudkan di sini, Allah akan meninggikan derajatnya di dunia maupun di akhirat. Di dunia, orang akan menganggapnya mulia, Allah pun akan memuliakan dirinya di tengah-tengah manusia, dan kedudukannya akhirnya semakin mulia. Sedangkan di akhirat, Allah akan memberinya pahala dan meninggikan derajatnya karena sifat tawadhu’nya di dunia (Lihat Al Minhaj Syarh Shahih Muslim, 16: 142)
Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam juga bersabda,
*“Dan sesungguhnya Allah mewahyukan padaku untuk memiliki sifat tawadhu’.* Janganlah seseorang menyombongkan diri (berbangga diri) dan melampaui batas pada yang lain.” (HR. Muslim no. 2865).
Semua manusia ada kekurangannya, masing - masing saling mengoreksi kekurangannya dan berusaha memperbaiki diri untuk bisa lebih baik lagi.
Sifat egois terkadang atau bahkan sering muncul pada diri seorang dan itu sudah hal yang wajar. Hanya saja jiwa muslim dituntut untuk bisa menempatkan diri dalam egoisnya. Jangan sampai egoisnya membawa kepada kehancuran dirinya atau orang lain.
Disana ada perkara yang diharuskan untuk berlaku egois dan justru tidak boleh ada perasaan orang lain lebih baik dari dirinya.
1. _Seorang muslim dalam memegangi agamanya._
Setiap muslim harus yakin bahwa islam agama yang benar dan lainnya salah. Dan berusaha untuk mengajak orang lain untuk bisa mengikuti islam serta tidak segan untuk menolak semua ajakan diluar islam.
Karena Alloh sendiri yang telah memberitahu akan hal itu. Seperti dalam firmanNya surat Ali imron 85
"Barangsiapa mencari agama selain agama Islam, maka sekali-kali tidaklah akan diterima (agama itu)daripadanya, dan dia di akhirat termasuk orang-orang yang rugi."
2. _Seorang suami dalam mendidik keluarganya untuk taat pada Alloh._
Menjadi tanggung jawab suami ( kepala rumah tangga ) untuk menyelamatkan anggota keluarganya dari adzab Alloh.
Hal ini sesuai firmanNya surat At tahrim 6
"Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras, dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan."
_Maka sudah seharusnya suami tegas dan memerintahkan semua anggota keluarga untuk bersamanya dalam ketaatan kepada Alloh dan rosulNya dan mencegah semua sikap yang keluar dari koridor syariah dalam lingkup rumah tangganya. Maka bagi istri wajib patuh dan taat pada suaminya serta anak - anaknya wajib mengikuti arahan dari bapak / ayahnya._
Adapun untuk urusan dunia, maka ditimbang mashlahat atau mafsadahnya. Bila suatu pendapat lebih besar mashlahatnya secara umum maka bagi yang lain, hendaknya mengikuti walaupun dia menganggap pendapat itu tidak cocok buat dirinya. Ya. Kadang butuh latihan untuk mengendalikan gerakan jiwa agar bisa memahami bahwa kepentingan umum lebih didahulukan.
Yang jadi pertanyaan, kenapa pendapat yang jelas lebih baik dan besar manfaatnya justru ditolak?
Setidaknya ada 2 sebab :
a. _Yang berpendapat lebih muda._
Lebih muda disini baik dari sisi usia, pengalaman ataupun dalam hal ekonomi ( miskin ). Betapa sering dijumpai pendapat kaum lemah lebih mudah ditolak bila dibandingkan dengan pendapat orang kaya. Dan juga betapa sering dijumpai usulan anggota baru serta merta ditolak bahkan tidak dianggap karena dirasa belum tahu atau belum pengalaman dilingkungan barunya dibanding dengan anggota lama. Atau sederet kejadian lainnya.
b. _Adanya sifat hasad_
Alangkah seringnya ditolaknya suatu pendapat hanya karena ada kekawatiran bahwa pendapat tersebut bisa menggangu privasinya ataupun kedudukannya di suatu instansi. Dan juga adanya kekawatiran orang yang berpendapat tersebut bisa merebut posisinya dikarenakan telah dipercaya oleh pimpinan.
Kedua sebab di atas tidaklah muncul kecuali dari orang yang hatinya berpenyakit. Maka melatih jiwa untuk berakhlaq mulia suatu tugas utama seorang muslim untuk bisa mencapai syurga Alloh.
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
“Sesungguhnya yang paling aku cintai di antara kalian dan paling dekat tempat duduknya denganku pada hari kiamat adalah mereka yang paling bagus akhlaknya di antara kalian.” (HR. Tirmidzi no. 1941. Dinilai hasan oleh Al-Albani dalam Shahih Al-Jaami’ no. 2201.)
Sabda beliau yang lain
“Sesungguhnya seorang mukmin bisa meraih derajat orang yang rajin berpuasa dan shalat dengan sebab akhlaknya yang luhur.” (HR. Ahmad no. 25013 dan Abu Dawud no. 4165. Dinilai shahih oleh Al-Albani dalam Shahih At-Targhib wa At-Tarhiib no. 2643.)
Demikian sedikit penjelasan seputar tawadhu' semoga bermanfaat dan bisa menjadi bahan instrospeksi agar kita bisa menjadi hamba Alloh yang berakhlaq mulia. amin
BAROKALLOHU FIKUM
AS SALAM
🌳🌳🌳🌳🌳🌳🌳🌳
💐 *AS SALAM* 🪴
🖊️ Al Faqir Rahmat pujiyanto 📚
Dalam islam diajarkan untuk saling mendoakan antar sesama muslim. Baik mendoakan secara terang terangan terlebih secara tersembunyi. Dan mengucapkan salam saat bertemu merupakan bentuk nyata akan syariat tersebut. Karena didalamnya terdapat bentuk saling mendoakan, mendoakan berupa keselamatan.
Ya doa keselamatan itulah yang harus selalu kita mintakan kepada Alloh terkhusus kondisi saat ini. Keselamatan buat diri sendiri ataupun untuk orang lain. Oleh karena itulah agar supaya permohonan diijabah oleh Alloh, dalam memohon, kita gunakan nama Alloh yang sesuai dengan doanya. Tidak lain adalah menggunakan nama Alloh As Salam yang berarti Zat yang maha selamat.
Dalam alquran, nama Alloh As Salam terdapat dalam surat Al Hasyr 23
هُوَ ٱللَّهُ ٱلَّذِى لَآ إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ ٱلْمَلِكُ ٱلْقُدُّوسُ ٱلسَّلَٰمُ ٱلْمُؤْمِنُ ٱلْمُهَيْمِنُ ٱلْعَزِيزُ ٱلْجَبَّارُ ٱلْمُتَكَبِّرُ ۚ سُبْحَٰنَ ٱللَّهِ عَمَّا يُشْرِكُونَ
"Dialah Allah Yang tiada Tuhan selain Dia, Raja, Yang Maha Suci, Yang Maha Sejahtera, Yang Mengaruniakan Keamanan, Yang Maha Memelihara, Yang Maha Perkasa, Yang Maha Kuasa, Yang Memiliki segala Keagungan, Maha Suci Allah dari apa yang mereka persekutukan."
Juga dalam hadits dari ‘Abdullah (bin Mas’ud) Radhiyallahu ‘anhu Berkata : Dahulu, jika kami shalat bersama Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, kami mengucapkan: “As-Salâm (keselamatan) bagi Allah dari hamba-hamba-Nya, dan as-salâm atas Fulan dan si Fulan,” maka Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Janganlah kalian mengucapkan as-Salâm atas Allah, karena sesungguhnya Allah itu as-Salâm, akan tetapi ucapkanlah: ‘At-Tahiyât (ucapan selamat), ash-Shalawat (ibadah) dan ath-Thayyibât (pujian) bagi Allah. Salam (keselamatan) serta rahmat Allah, dan keberkahan-Nya atas anda, wahai Nabi. Dan salam atas kita dan hamba-hamba Allah yang shâlih’.” [HR Bukhâri].
*Apa makna nama Alloh As Salam ?*
As Salam mempunyai 2 makna :
1. _Alloh satu satunya Zat yang maha memberikan keselamatan bagi hambaNya di dunia dan akerat._
Bagi setiap hamba wajib untuk meminta keselamatan hanya kepada Alloh dan tidak boleh meminta kepada selainNya dalam perkara yang tidak ada yang sanggup memberinya kecuali Alloh. Keselamatan dari mara bahaya, keselamatan dari wabah, keselamatan dari bencana di dunia terlebih bahaya di akherat, semuanya harus ditujukan kepadaNya saja.
Hal ini sebagai bentuk pengamalan dari firman Alloh surat Al Fatihah 4
"Hanya kepadaMu kami menyembah dan hanya kepadaMu kami mohon pertolongan"
juga sabda Nabi sholallohu alahi wa sallam :
Abdullah bin ‘Abbas –radhiyallahu ‘anhuma– menceritakan, suatu hari saya berada di belakang Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam. Beliau bersabda, “Nak, aku ajarkan kepadamu beberapa untai kalimat: Jagalah Allah, niscaya Dia akan menjagamu. Jagalah Allah, niscaya kau dapati Dia di hadapanmu. Jika engkau hendak meminta, mintalah kepada Allah, dan jika engkau hendak memohon pertolongan, mohonlah kepada Allah. [HR. at-Tirmidzi, dan ia berkata, “Hadits ini hasan shahîh”]
Sebesar apapun usaha hamba untuk selamat, kalau Alloh tidak menghendakinya maka dia akan meninggal. Dan segawat apapun kondisi manusia kalau Alloh kehendaki selamat, maka diapun akan selamat. Memang hamba tak ada kemampuan sedikitpun untuk memberikan keselamatan buat dirinya sendiri, terlebih kepada orang lain. Selamat atau tidaknya tergantung kehendakNya. Hamba hanya diperintahkan untuk berusaha bukan menentukan.
Yang lebih parah lagi bila hamba minta keselamatan kepada selain Alloh, keselamatan belum tentu didapat, kebinasaan karena menyekutukan Alloh pasti akan diperolehnya. Allohul musta'an
*Siapa yang bergantung kepada Alloh, niscaya akan dicukupi urusannya.Bagaimanapun hasilnya, itu yang terbaik untuknya.*
2. _Alloh selamat dari sifat kelemahan, cacat dan kekurangan serta selamat dari keserupaan dengan sifat makhluqNya._
Alloh maha sempurna segala sisinya dan tidak ada sedikitpun kekurangan, kelemahan pada nama, sifat ataupun perbuatannya serta sifat makhluq tidak serupa dengan sifat Al Kholiq.
Alloh berfirman surat Asy syuro 11
" tidak ada suatupun yang serupa denganNya dan Dia maha mendengar lagi maha melihat "
Sebagai hambaNya, kita diwajibkan untuk mengimani semua nama dan sifat yang telah Alloh khabarkan dalam Al quran dan yang telah disampaikan Rosululloh sholallohu alaihi wa sallam dalam haditsnya yang shohih tanpa mentakwil ( memalingkan makna sifat kepada makna yang salah ) atau tanpa menta'thil ( menolak dari sifat Alloh ) atau tanpa mentakyif ( menanyakan hakekat sifat Alloh ) atau tanpa mentasybih ( menyerupakan sifat Alloh dengan makhluqNya )
_Kita wajib menerima sebagaimana lafadz dari ayat atau hadits yang berbicara tentang nama atau sifatNya dan tidak menggunakan akal serta hawa nafsu dalam menetapkannya._
Alloh mengancam siapapun yang menetapkan sifatNya dengan hawa nafsu seperti firmanNya surat al a'rof 180
"Hanya milik Allah asmaa-ul husna, maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebut asmaa-ul husna itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyimpang dari kebenaran dalam (menyebut) nama-nama-Nya. Nanti mereka akan mendapat balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan."
Dari 2 makna diatas bisa difahami bahwa Alloh dengan sifat maha sempurna mampu memberikan keselamtan kepada siapapun dari hamba yang dikendakiNya dan Dia tidak memerlukan bantuan untuk itu.
_Maka siapapun yang menginginkan keselamatan, mintalah kepadaNya dengan cara mentaatiNya dan mentaati utusanNya._
Semoga Alloh senantiasa menjaga dan melindungi kita semua dari bahaya dunia akherat...amin
Barokallohu fikum
1 kampung masuk Islam karena 1 hadits
1 kampung masuk Islam karena 1 hadits
Syaikh Wahid Abdussalam Bali hafidzahullah adalah salah satu masyaikh dari Mesir yang selalu mengajak kaum muslimin untuk berpegang teguh kepada manhaj salaf dan selalu mengajak orang-orang kuffar untuk masuk ke agama islam yang murni.
Yang ajaib sudah ratusan ribu orang-orang kuffar baik dari kristen katholik atau protestan ataupun orang yang tidak memiliki agama, mereka masuk islam melalui tangan dan dakwah beliau (syaikh Wahid Abdussalam Bali) tentu setelah mendapat Taufiq dari Allah.
Sudah tercatat di tahun lalu, bahwa 150.000 orang kafir dari Afrika masuk islam melalui tangan dan dakwah beliau. 1500 desa di 10 negara afrika banyak yang masuk islam di tangan beliau.
Beliau telah membangun 102 masjid, 1300 sekolah, membuat 107 sumur, menanggung 30 da'i arab, membuka 29 markaz islam, memperbaiki 130 sumur.
Sebagian buku-buku beliau sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia.
Allahu akbar wal hamdulillah.
Maka tak jarang beliau dijuluki sebagai penakluk benua Afrika abad 21.
___________
Ada cerita ajaib ketika beliau berdakwah disana. Sebuah kampung masuk islam karena satu hadits.
Beliau bercerita pengalaman beliau ketika berdakwah di sana, beliau berkata:
القرى هناك يا جماعة ليس فيها كهرباء ولا ماء. الناس يشربون من أين؟ من بئر. وطبعا البئر غال وهم فقراء جدا. نزل إخواننا ليس فيها بئر وقالوا لهم نحفر لكم بئراً. والحمد لله الطرمبة جمعت ماءا عذبا. وهذه القرية بعض المسلمين والباقي هم النصارى.
“Kampung disana wahai Jama’ah, tidak ada listrik maupun air. Dari mana mereka mimun air? Tentunya dari sumur. Dan pasti, sumur disana harganya mahal sedangkan mereka adalah orang-orang yang sangat miskin. Kemudian saudara-saudara kami (anggota syaikh Wahid Bali yang ikut dakwah bersama beliau) tinggal di sebuah kampung yang tidak memiliki sumur. Maka kami menawarkan: “Maukah kalian kami buatkan sumur bor?” Dan alhamdulillah. Sumur tersebut menghasilkan air yang jernih. Dan desa ini, kaum muslimin sebagaiannya saja dan sisanya orang-orang kristen”
فجاء النصارى إلى إخواننا وقالوا. هل ستأذنون لنا أن نشرب مع المسلمين. قالوا: طبعا. لماذا تسألون عن هذا السؤال؟ لان النصارى أو الكنيسة إذا حفرت بئرا تمنع المسلمين من الشرب منه. ولا يشرب منه إلا النصارى وإذا كان المسلم أراد أن يشرب فليتنصر.
“Maka datanglah orang-orang kristen kepada kami kemudian mereka berkata: Apakah kalian akan mengizinkan kami untuk meminum air bersama kalian? Maka kami berkata: Ya, tentu saja boleh. Kenapa kalian menanyakan pertanyaan ini? Orang-orang kristen berkata: Karena orang kristen atau sebuah gereja jika menggali sebuah sumur bor maka mereka akan melarang kaum muslimin untuk minum dari sumur tersebut. Dan tidak ada yang boleh minum dari sumur tersebut kecuali orang kristen. Dan jika ada orang muslim yang ingin minum maka dia harus masuk kristen terlebih dahulu”.
قلنا: نحن مسلمون وقال رسولنا وهو رسول الإسلام عليه الصلاة والسلام: المسلمون شركاء في ثلاث: في الكلإ، والماء، والنار وفي رواية: النَّاسُ شُرَكَاءُ فِي ثَلَاثٍ فِي الْمَاءِ وَالْكَلَأِ وَالنَّارِ. أسلمتم أو لم تسلموا فأنتم مشاركوا مع المسلمين في هذا الماء. نعم, نحن سندعوكم إلى الإسلام, لكن أسلمتم أو لم تسلموا فأنتم شركاء في هذا. الإسلام يعلمنا هذا.
“Kami berkata: Kami adalah orang islam. Sedangkan Rasul kami dan dia adalah Rasul agama islam shallallahu alaihi wa sallam telah bersabda: “Kaum muslimin (dalam sebuah riwayat: seluruh manusia) memiliki hak yang sama dalam 3 perkara: Rumput, air, dan api” (HR. Abu Daud). Kalian masuk islam atau tidak, maka kalian memiliki hak untuk minum bersama kami. Ya, kami tentu tetap berdakwah untuk kalian menuju agama islam. Akan tetapi, kalian masuk islam atau tidak, maka kalian tetap memiliki hak untuk minum bersama kami. Begitulah islam mengajari kami”.
رجع النصارى إلى القرية وعقدوا مؤتمرا وتدارسوا الأمر وقالوا: هذا الدين دين عظيم. فأسلمت القرية مبكرا
“Kemudian orang-orang kristen pulang ke kampung mereka, kemudian mereka membuat sebuah seminar dan mempelajari sikap kaum muslimin kepada mereka. Lantas mereka berkata: Agama islam ini adalah agama yang sangat agung. Maka satu kampung tersebut langsung masuk islam”
(Selesai)
Masya Allah, betapa hikmahnya dakwah beliau dan betapa bijaknya pandangan beliau. Pantas saja 150.000 orang orang masuk islam karena bijaknya beliau. Memang jika sumur dibuat dengan biaya besar dan susah payah, maka boleh-boleh saja dijadikan keuntungan. Akan tetapi dari bijaknya beliau, beliau menjadikannya hak untuk semua orang dari kampung tersebut sesuai dengan sabda Nabi shallallahu alaihi wa sallam, dan akhirnya mereka masuk islam semuanya.
Semoga bermanfaat, wa shallallahu alaa nabiyyinaa Muhammad.
Artikel: https://www.alamiry.net/2015/06/satu-kampung-masuk-islam-karena-sebuah-hadits.html
Sabtu, 24 Juli 2021
SELAMAT TINGGAL
🚑🚑🚑🚑🚑🚑🚑🚑
🌾🌾🌾🌾🌾🌾🌾🌾
*SELAMAT TINGGAL*
🖊️Al Faqir Rahmat pujiyanto 📚
Saat berpisah dengan apapun yang dicintainya biasa orang akan berucap SELAMAT TINGGAL. Ungkapan ini bila difahami akan memberikan pemahaman _bahwa tidak ada yang kekal abadi dalam kehidupan dunia._ Cepat atau lambat pastilah akan berakhir. Ada pertemuan adapula perpisahan. Ada permulaan adapula penghabisan.
Oleh karena itulah salah satu sebab seorang mukmin bisa istiqomah diatas kebaikan dan terjaga dari murka Alloh, haruslah bisa bersikap pertengahan dalam dua keadaan tersebut. Keadaan saat awal dan keadaan saat akhir.
__Ketika seorang mendapatkan apa yang disukainya, agar terhindar dari murka Alloh dan sebagai ladang pahala buatnya, ditunjukkan berupa rasa syukur dan terima kasih kepada Zat pemberi rizqi, syukur dengan hati, lisan ataupun anggota badan. Dan dibolehkan saat itu untuk berbahagia ataupun senang yang tidak menimbulkan lupa diri ( sombong ) serta ujub serta ditanamkan keyakinan bahwa perkara itu adalah hanya sebatas amanah yang suatu saat akan diminta kembali._
_Dan manakala mendapatkan suatu yang tidak disukai, berupa kurangnya dunia yang dimiliki baik harta benda, keluarga ataupun jabatan, maka sikap yang ditunjukkan adalah menerima dengan ikhlas, lapang dada disertai sikap introspeksi diri serta baik sangka kepada Zat penentu segala keadaan. Dan dibolehkan saat itu bersedih dengan tidak menimbulkan keputus asaan serta ditanamkan bahwa apapun yang terjadi sudah tertulis 50 ribu tahun sebelum tercipta alam semesta.__
Kedua keadaan diatas sesuai firman Alloh dalam surat Al Hadid 22 - 23
"Tiada suatu bencanapun yang menimpa di bumi dan (tidak pula) pada dirimu sendiri melainkan telah tertulis dalam kitab (Lauhul Mahfuzh) sebelum Kami menciptakannya. Sesungguhnya yang demikian itu adalah mudah bagi Allah.(Kami jelaskan yang demikian itu) supaya kamu jangan berduka cita terhadap apa yang luput dari kamu, dan supaya kamu jangan terlalu gembira terhadap apa yang diberikan-Nya kepadamu. Dan Allah tidak menyukai setiap orang yang sombong lagi membanggakan diri,"
Pandemi adalah sebuah kondisi yang tidak disukai dan dibenci setiap jiwa manusia. Dengan sebab keadaan ini, harta benda berkurang, keselamatan terancam dan bahkan tidak sedikit kehilangan sanak keluarga yang dicintainya.
Oleh karena itu, dua sikap diatas harus ditanamkan agar setiap kondisi apapun ,bisa mendatangkan pahala dan kebaikan. Hati memang sedih, perasaan diliputi takut dan kawatir. _Akan tetapi jangan sampai itu semua melahirkan keputus asaan dari rahmat Alloh ataupun celaan kepada taqdir Alloh._
*Siapa yang sabar dan ridho maka Allohpun juga ridho dan siapa yang murka maka kemurkaan Alloh akan diterimanya.*
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
“Sesungguhnya jika Allah mencintai suatu kaum maka Dia akan menguji mereka. Barang siapa yang ridho (terhadap ujian tersebut) maka baginya ridho Allah dan barang siapa yang marah (terhadap ujian tersebut) maka baginya murka-Nya.” (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah At Tirmidzi berkata bahwa hadits ini Hasan Ghorib)
Sehingga keputus asaan karena kesedihan yang terlalu berlebihan, tidak akan bisa mendatangkan kebaikan ataupun tidakbisa memperbaiki kondisi yang ada.
Oleh karena itu apapun yang diterima dari perkara yang tidak disukai, disana ada tuntunan dari Nabi berupa doa sebagaimana diajarkan kepada umu salamah tatkala suaminya meninggal dunia.
Doa yang dipanjatkan Ummu Salamah,
إِنَّا لِلَّهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ – اَللَهُمَّ أْجُرْنِي فِي مُصِيبَتِي، وَأَخْلِفْ لِي خَيْرًا مِنْهَا
INNAA LILLAAHI WA INNAA ILAIHI RAAJI’UUN – ALLAHUMMA’-JURNII FII MUSHIIBATII, WA AKHLIFLLII KHOIRAM MINHAA
“Ya Allah, berikanlah pahala kepadaku atas musibah yang menimpaku, dan gantikanlah aku dengan yang lebih baik dari pada musibah ini.”
Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
Setiap muslim yang menerima musibah apapun, kemudian dia membaca doa ini maka Allah akan ganti dengan yang lebih baik darinya. (HR. Muslim 918, Abu Daud 3119 dan yang lainny).
Memang seharusnya seorang mukmin saat tertimpa musibah apapun bentuknya, harapan mendapatkan pahala dibalik musibah, lebih besar daripada dunia yang dia miliki. Karena Alloh telah memberikan kabar gembira berupa pahala yang tanpa putus dan tak terhingga batasnya.
Alloh berfirman surat Az Zumar 10
Katakanlah: "Hai hamba-hamba-Ku yang beriman. bertakwalah kepada Tuhanmu". Orang-orang yang berbuat baik di dunia ini memperoleh kebaikan. Dan bumi Allah itu adalah luas. Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah Yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas"
Terlebih bagi saudara kita yang saat ini sudah dahulu menghadap Alloh karena sakit terkena wabah, in syaa Alloh pahala syahid sudah siap menunggu di akherat dengan derajat yang tinggi dalam syurga.
Semoga Alloh masukkan kita ke dalam golongan hambaNya yang selalu bersabar dan semoga musibah yang terjadi sebagai pelepur dosa dan kesalahan serta sebagai sebab dimudahkan masuk ke dalam syurga. Amin
Barokallohu fikum
Rabu, 21 Juli 2021
CORONA
🔅🔅🔅🔅🔅🔅🔅🔅
🔆🔆🔆🔆🔆🔆🔆🔆
💥 *CORONA* 💥
🖊️ Al Faqir Rahmat pujiyanto 📖
mobil ambulan kencang melaju
bunyi sirine membuat hati makin pilu
bawa pasien tuk segara dibantu
virus corona menyebar kian tak menentu
satu demi satu nyawa melayang
jumlah korban tak pernah terbayang
kasus meninggal topik pagi petang
keluarga tercintapun banyak yang hilang
corona makhluq sangat kecil
tersebar atas perintah Zat maha adil
adanya hikmah yang bisa diambil
manusia begitu lemah lagi kerdil
tetapi mereka sombong dan angkuh
terjadi wabah juga tak segra bersimpuh
syariat Alloh dihadapi dengan acuh
telinga mendengar badan tak mau patuh
corona kan terus melanda
bila manusia tetap durhaka
kepada Alloh Yang Maha Pencipta
hamba sholihpun jadi korbannya
pandemi covid tak bisa dipungkiri
terjadi sesuai taqdir ilahi
makhluq hanya bisa pasrah menghadapi
harusnya bisa jadi bahan introspeksi
semua ingin corona diangkat
berbagai upaya terus digiat
hingga diterapkan PPKM darurat
besar harapan agar jiwa selamat
ada hal yang terlupakan
sebab utama corona dihilangkan
kan bisa tercipta rasa aman
hilangnya rasa takut dan kekhawatiran
mentauhidkan Alloh Robb yang satu
hanya untukNya ibadah dituju
bukan kepada jin, nabi, wali ataupun batu
semua selainNya makhluq yang semu
bila syirik terus merebak
kebencian terhadap islam semakin nampak
wabah covid kian membengkak
ditambah bencana lain terus bergejolak
keterpurukan bangsa semakin besar
miskin harta terlebih iman makin menjalar
syirik dan bid'ah dilakukan tanpa sadar
akankah wabah ini berhenti menyebar ?
jangan syirik, jangan selisihi Rosul diutus
bila ingin keselamatan tak kan terputus
walau jasad terpapar dosa kan hangus
derajat tinggi diraih dalam syurga firdaus
istiqomah diatas tauhid dan sunnah
terangkat segera semua bentuk wabah
aman dan khusyuk dalam ibadah
selamat dunia sampai hari qiyamah
Allohumma 'ainnaa 'ala dzikrika wa syukrika wa husni ibadatika
Barokallohu fikum
Langganan:
Postingan (Atom)